Co-Working Space Jadi Solusi Pengusaha Baru Sewa Kantor dengan Harga Terjangkau

Senin, 10 Mei 2021 18:15 Reporter : Anisyah Al Faqir
Co-Working Space Jadi Solusi Pengusaha Baru Sewa Kantor dengan Harga Terjangkau Sandiaga Uno. Instagram/@sandiuno ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menilai para pengusaha muda saat ini tidak perlu khawatir untuk menyewa tempat sebagai kantor dengan harga tinggi. Alasannya, saat ini banyak gedung yang menawarkan sewa kantor untuk waktu singkat dan terjangkau.

Konsep sewa tempat tersebut dikenal dengan istilah co-working space atau tempat kerja bersama. Konsep ini pun sebenarnya bukan hal yang baru ditemukan di Indonesia.

"Co-working space ini cara berkantor yang datang belakangan tapi konsepnya ini sudah lama dan baru diformalkan dengan nama Co-working space," kata Sandiaga dalam Webinar Cara Baru Bekerja di Era New Normal, Jakarta, Senin (10/5).

Sandiaga mengatakan, berbagi tempat kerja ini sudah ada sejak lama. Biasanya ada di balkon kantor desa hingga koperasi. Konsep berbagi ini pun sudah menjadi budaya di Indonesia. Hanya saja baru belakangan ini diformalkan dengan istilah Co-working space.

"Kalau dulu sharing tempat kerja itu bisa di balkon desa, koperasi dan tempat lainnya," kata dia.

Seiring perkembangan zaman, konsep ini pun dibumbui inovasi. Pengusaha memberikan tempat yang lebih nyaman dan fasilitas yang memudahkan orang untuk berbagi tempat kerja dengan harga terjangkau.

Terpenting, adanya Co-working space ini bisa menjadi alternatif bagi para pelaku usaha baru yang membutuhkan tempat berkantor untuk jangka waktu yang singkat.

"Sekarang sudah diformalkan sebagai co-working space dan menjadi alternatif yang murah," kata dia mengakhiri. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini