Ciputra Meninggal Dunia, Tinggalkan Harta Kekayaan Rp18,32 Triliun

Rabu, 27 November 2019 11:23 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Ciputra Meninggal Dunia, Tinggalkan Harta Kekayaan Rp18,32 Triliun Ciputra. ciputra.com

Merdeka.com - Pengusaha properti Ir Ciputra meninggal dunia di usia 88 tahun. Pendiri Ciputra Group tersebut meninggal di Singapura sekitar pukul 1.05 waktu setempat, Rabu (27/11).

Dikutip dari Forbes, Ciputra dan keluarganya memiliki harta kekayaan USD 1,3 miliar atau setara Rp18,32 triliun (asumsi Rp14.098 per USD), data per 26 November 2019. Ciputra menempati peringkat 1.941 di daftar orang terkaya dunia. Sementara di Indonesia, dia berada di peringkat 27.

Forbes mencatat Ciputra Development memiliki proyek di 33 kota seluruh Indonesia. Ciputra Group didirikannya lebih dari 30 tahun yang lalu.

Ciputra pernah bercerita, dia mengajak anak muda untuk mau memulai belajar usaha. Semasa kecil, dirinya sudah mulai menanamkan jiwa kewirausahaan.

"Waktu SD mulai menjual barang, berburu, membuat kopi dari daun lalu saya jual, waktu SMP berburu kalong saya jual, saat universitas membuat design perabot, saya jual memang keinginan itu sudah ada, harus percaya diri, berani ambil risiko itu saja," ujar Ciputra saat acara 'Launching Pembelajaran Online Tumbuh 100 kali' di DBS Tower, Jakarta, 17 Februari 2014 lalu.

1 dari 2 halaman

Proyek Terbesar Milik Ciputra

Ciputra Group telah berhasil mengembangkan lebih dari 70 proyek perumahan di lebih dari 40 kota di Indonesia selama tiga dekade terakhir. Salah satunya berada di Kota Tangerang.

Dikutip dari laman Citra Raya Tangerang, proyek di Kota Tangerang tersebut bernama Citra Raya Tangerang. Sebuah pengembangan kota terpadu terbesar oleh Ciputra Group.

Citra Raya Tangerang mulai didirikan pada 1994 yang berlokasi dikawasan Tangerang. Kota mandiri yang berdiri di lahan seluas 2760 Ha ini merupakan proyek yang dikembangkan oleh Ciputra Group.

Hingga Saat ini Citra Raya Tangerang mulai dikenal sebagai kawasan kota mandiri terpadu yang terintegrasi dengan Business Center yang kuat di Tangerang. Terlebih lagi sejak tahun 2011, Citra Raya telah mengusung konsep program EcoCulture yang mengedepankan konsep kota mandiri yang berkesinambungan.

Selain itu, di Citra Raya kini telah beroperasi berbagai macam fasilitas umum seperti fasilitas taman kota, taman rekreasi, waterpark, klub keluarga, kawasan perdagangan, sekolah, sarana kesehatan hingga sarana untuk beribadah. Tak berhenti sampai disitu, banyaknya tenant-tenant retail baik restoran maupun kafe dan brand-brand terkenal lainnya semakin membuat kawasan ini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner favorit di kawasan Tangerang.

Hingga saat in Citra Raya Tangerang telah menjadi rumah bagi lebih dari 60.000 jiwa yang menempati lebih dari 51 cluster perumahan dan 1.800 unit komersial.

2 dari 2 halaman

Ciputra Miliki 6 Proyek di Sekitar Ibu Kota Baru

Ciputra Group telah memiliki beberapa properti di wilayah Kalimantan. Ciputra Group sendiri merupakan salah satu pengembang terbesar di Indonesia yang didirikan sejak 1981.

Ciputra Group telah berhasil mengembangkan lebih dari 70 proyek perumahan di lebih dari 40 kota di Indonesia selama tiga dekade terakhir. Di wilayah Kalimantan Timur, Ciputra Group tercatat mempunyai 6 properti real estate. Di antaranya adalah perumahan, hotel, dan warehouse. Berikut rinciannya dikutip dari laman resmi Ciputra:

1. Citra Bukit Indah Balikpapan

Perumahan ini dibangun pada 2008 di atas lahan seluas 21 Hektare (Ha). Luas tanah setiap rumah ini dimulai dari 160m2 sampai 200m2.

2. CitraCity Balikpapan

Sebuah kawasan hunian dengan luas tanah 20 Hektare (Ha) yang berintegerasi menjadi hunian dengan area hiburan dan komersial (ruko), apartemen, hotel, dan cluster.

3. Citra Garden Angsana Samarinda

Salah satu pemukiman yang dibangun di atas lahan seluas 100 Hektare (Ha). Kawasan ini menjadi hunian yang lengkap karena terdapat fasilitas pendidikan, publik, dan komersial. Kawasan ini juga terletak di antara Balikpapan dan Kutai Kartanegara sehingga ini akan berdekatan dengan lokasi ibu kota yang baru nantinya.

4. Citra Garden Hills Samarinda

sebuah perumahan yang berlokasi di Samarinda.

5. Citra Grand Senyiur City Samarinda

Sebuah hunian kota mandiri terbesar. Kawasan ini dibangun di atas lahan sebesar 400 Hektare (Ha) dengan fasilitas hunian terlengkap. Di antaranya adalah office tower, central business district, mall, ruko, sekolah, rumah sakit, perumahan, apartemen, dan waterpark.

6. Citra Land City Samarinda

Kawasan hunian di atas lahan seluas 33 Hektare (Ha) dan akan diperluas hingga 92 Ha. Sebuah kawasan perumahan yang dilengkapi dengan area komersil, pusat perbelanjaan, sekolah, kolam renang, dan lapangan golf.

[bim]

Baca juga:
Sri Mulyani Soal Ciputra: Kita Kehilangan Tokoh yang Tak Hanya Sekedar Kejar Profit
Menteri Hingga Pengusaha Properti Beri Penghormatan pada Ciputra di Munas REI
Kisah Ciputra, Bangun Kerajaan Bisnis Properti di Indonesia
Prinsip Adil, Benar dan Jujur dari Ciputra dan Cara Menghadapi Kegagalan Usaha
Kisah Ciputra, Dari Jual Kalong & Kopi Sampai Jadi Konglomerat
Pengusaha Properti Ciputra Meninggal Dunia
Inilah yang Dibangun Pengembang Besar di Ibu Kota Baru Kalimantan Timur

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini