China yakin kereta cepat Jakarta-Bandung selesai tepat waktu

Jumat, 31 Maret 2017 09:48 Reporter : Moch Wahyudi
China yakin kereta cepat Jakarta-Bandung selesai tepat waktu Ilustrasi Kereta Cepat. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - China optimistis proyek kereta cepat Jakarta-bandung tuntas tepat waktu, akhir 2019. Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri CHina Lu Kang guna merespon pemberitaan asing yang menyebut megaproyek transportasi tersebut berjalan lamban.

"China sepenuhnya percaya diri dalam penyelesaian awal pembangunan dan pengoperasian kereta api," kata Lu Kang dalam siaran pers, seperti diberitakan Antara, hari ini.

"Ketika kami datang untuk menimbang proyek ini, maka lebih baik untuk mendengar kata-kata dari peserta proyek, yaitu kami dan Indonesia."

Menurutnya, pengerjaan proyek berjalan sesuai jadwal disepakati China dan Indonesia. Kendati demikian, dia tak menutup kemungkinan terjadi masalah di setiap tahapan pengerjaan.

"Kereta api berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung merupakan proyek sistematis yang besar," katanya. "Prosedurnya berawal dari negosiasi kontrak, studi kepatuhan, desain rute, pembebasan lahan, survei lapangan, dan persiapan konstruksi. Untuk pembangunan semua bagian, penyelesaian dan pengoperasian, semua memakan waktu."

Lu menjelaskan, kedua belah pihak saat ini saling berkonsultasi terkait kontrak dan perjanjian pinjaman untuk pengadaan teknis konstruksi (EPC).

"Sejauh yang kami tahu, kedua belah pihak akan segera menandatangani perjanjian ini dalam waktu dekat," ujarnya.

Jika terwujud, kereta cepat Jakarta-Bandung bakal menjadi proyek sepur berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Tenggara, hasil kolaborasi dua negara.

"Proyek tersebut bermanfaat bagi kedua belah pihak. Kedua belah pihak bertekad untuk bekerja sama. Perusahaan dan lembaga keuangan dari kedua negara telah menjalin hubungan sangat dekat." [yud]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini