Chatib Basri yakin perbaikan harga komoditas kerek pertumbuhan 2018 ke 5,4 persen

Kamis, 29 Maret 2018 12:42 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Chatib Basri yakin perbaikan harga komoditas kerek pertumbuhan 2018 ke 5,4 persen Chatib Basri. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Ekonom Universitas Indonesia sekaligus mantan menteri keuangan, Chatib Basri, optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan lebih baik di 2018, yakni bisa mencapai 5,4 persen. Pertumbuhan ekonomi tahun ini, kata dia, akan didukung oleh kenaikan harga komoditas, seperti batubara dan minyak kelapa sawit.

"Dapat lah kalau 5 persen dapat. Masa tidak dapat. Kenapa pesimis? Perkiraan saya itu sekitar, 5,2 persen sampai 5,4 persen tahun ini," ungkapnya ketika ditemui di The Energy Building, Jakarta, Kamis (29/3).

"Ekonomi kita itu sangat tergantung pada komoditi. Coal pricenya bagus. CPO bagus. Lihat tuh penerimaan pajak naik gara-gara coal price tuh. Kalau coal price sama palm oil price naik, company-nya jalan, orang yang hidup di sekitar tambang mulai dapat uang, konsumsi mulai naik, investment mulai pick up," lanjut dia.

Melihat kondisi perekonomian yang kondusif, terutama harga komoditas yang tengah naik, maka dia yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini akan lebih tinggi dari tahun kemarin. "Jadi mestinya tahun ini lebih baik dibandingkan tahun lalu. Makanya saya bilang kalau tahun lalu bisa 5,07 masa tahun ini kurang dari lima persen," imbuhnya.

Selain itu, dia mengatakan kenaikan harga komoditas juga akan mendorong peningkatan konsumsi. Sebab, ada perbaikan pendapatan. "Kalau income naik konsumsi naik. Begitu sekarang komoditi naik, yang pertama dia lakukan dia tidak bisa konsumsi, dia bayar utang dulu. Setelah bayar utang, dia bisa expand konsumsi," imbuhnya.

Dia memprediksi bahwa perbaikan atau peningkatan konsumsi masyarakat akan terjadi pada pertengahan tahun ini. "Saya expect kalau dilakukan tahun lalu, pertengahan tahun ini konsumsi mulai pick up," tandas dia.

[bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini