Chatib Basri ramal bunga perbankan ke depan akan berbeda untuk tiap individu

Kamis, 29 Maret 2018 13:37 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Chatib Basri ramal bunga perbankan ke depan akan berbeda untuk tiap individu

Merdeka.com - Ekonom sekaligus Mantan Menteri Keuangan (Menkeu), Chatib Basri menyebut bahwa perkembangan industri financial technology (fintech) akan sangat berpengaruh dan mengubah sistem keuangan yang ada. Salah satunya perbankan.

Dia mengatakan, bisa saja di waktu yang akan datang, bunga bank tidak akan lagi ditetapkan dengan satu standar tertentu yang berlaku umum, melainkan ditentukan berbeda untuk setiap individu.

"Saya nggak akan surprise kalau suatu hari kredit di bank. Bunga bank akan berbeda setiap orang. Karena yang namanya fintech bisa punya profil dari bapak dan ibu. Individually. Bisa saja bank, untuk si A bunga 12 persen, si B 11,5 persen, si C 10 persen," ungkapnya di The Energy Building, Jakarta, Kamis (29/3).

Ini bisa terjadi karena kemajuan teknologi dan big data, profil setiap orang akan diketahui dengan sangat jelas sehingga perlakuan akan berdasarkan pada profil orang tersebut.

"Tahu kalau pesan GoFood, seminggu berapa kali, berapa kali gado-gado, berapa kali sate kambing. Ini bisa dilakukan. Mereka bisa identifikasi, tahu behaviour kita. Semuanya akan customize individually. Big data tahu behaviour orang dengan sangat detail," jelas dia.

Hal inilah yang bakal membuat pemerintah tertantang untuk selalu mengubah persepsi dan kebijakannya. "Ini akan buat regulator kaget karena nggak ada lagi suatu standar tingkat bunga harus sekian," tandas dia. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Perbankan
  2. Chatib Basri
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini