Chatib Basri: Perry Warjiyo orang yang tepat untuk jadi Gubernur BI

Kamis, 29 Maret 2018 12:54 Reporter : Liputan6.com
Chatib Basri: Perry Warjiyo orang yang tepat untuk jadi Gubernur BI Chatib Basri. Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Ekonom sekaligus Mantan Menteri Keuangan (Menkeu), Chatib Basri mendukung penuh terpilihnya Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) yang baru menggantikan Agus Martowardojo.

"Saya ucapkan selamat kepada Bapak Perry. Background beliau di moneter sangat bagus sekali, pengalaman di BI-pun juga sudah lama. Jadi kalau saya lihat Perry Warjiyo merupakan orang yang tepat untuk posisi ini. Dari segi pengalaman, maupun background," ucapnya di Soehana Hall, Jakarta, Kamis (29/3).

Dalam pandangan Chatib, terpilihnya Perry Warjiyo merupakan hal yang tepat untuk menyesuaikan dengan situasi perekonomian global yang kurang baik, terutama soal rencana The Fed menaikkan suku bunga acuan.

"Ini transisi yang baik apalagi sekarang kita dalam era di mana akselerasi dalam The Fed untuk kenaikan bunga itu mungkin lebih cepat dari yang dibayangkan. Jadi Pak Perry merupakan orang yang tepat, saya kenal lama dengan beliau," ujarnya.

Ketika ditanya soal saran untuk Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI baru, Chatib mengungkapkan bahwa rekam jejak Perry tidak perlu diragukan lagi mengatasi situasi perekonomian yang ada.

"Wah, kalau Bapak Perry tidak perlu dikasih saran ya, dia sudah tahu cara mengerjakannya. Mulai dari dulu sebagai Executive Director di IMF, kemudian Deputi Gubernur. Jadi nggak perlu ditanya PR atau sarannya. Bapak Perry sudah tahu," pungkas dia.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Chatib Basri
  2. Bank Indonesia
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini