Cerita Menhub Budi diminta sediakan kapal lebih besar oleh pemudik

Rabu, 20 Juni 2018 15:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Cerita Menhub Budi diminta sediakan kapal lebih besar oleh pemudik Menhub Budi. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, masih memberangkatkan sekitar 600 pemudik pada hari kelima usai Lebaran. Pemudik tersebut diberangkatkan menuju Semarang, Jawa Tengah dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Menhub Budi mengisahkan dalam perjumpaan dan perbincangan singkat dengan pemudik, ada banyak harapan yang dia terima. Salah satunya menyangkut kualitas kapal yang dipakai untuk program ini.

"Salah satu (keinginan yang disampaikan pemudik) minta kapal yang lebih besar," ungkapnya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (20/6).

Tidak mudah bagi Pemerintah menyiapkan kapal yang lebih besar, sebab ketersediaan kapal yang masih cukup minim. Namun Menhub Budi menilai, permintaan tersebut sebagai dorongan kepada Pemerintah untuk memperbaiki pelayanan.

"Cuma kita punya permasalahan, kapal-kapal yang disiapkan terbatas, dan biasanya kalau yang besar untuk rute panjang dan untuk daerah-daerah yang lebih keras seperti Maluku Utara dan lain-lain," ujar dia.

"Tapi kita jadikan masukan itu sebagai upaya untuk memperbaiki level of service kepada mereka," imbuhnya.

Tak hanya itu, Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II menambahkan, pelayanan dan fasilitas kapal yang dipakai saat mudik juga dievaluasi oleh pemudik.

"Catatan dari teman-teman, katanya cafenya tidak buka 24 jam. Harus lebih cepat dan ada hiburan. Nanti tahun depan kita akan berikan pada mereka. Tapi paling tidak ada 30.000 pemudik dan 15.000 motor yang berpindah ke kapal laut, dan ini bisa menjadi moda baru," tandasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini