Cerita Haru Menteri Rini Dipercaya Besarkan Astra Internasional

Rabu, 20 Februari 2019 15:12 Reporter : Merdeka
Cerita Haru Menteri Rini Dipercaya Besarkan Astra Internasional Menteri BUMN Rini Soemarno. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno menceritakan pengalamannya saat bekerja di Astra Internasional. Kala itu, Menteri Rini dipercaya pendiri Astra William Soeryadjaja untuk membangun perusahaannya hingga sebesar saat ini.

Rini mengakui, perjalannya bersama Astra International pada 1989 merupakan perjalanan yang tak pernah mudah. Kondisi saat itu diperparah dengan krisis moneter (krismon) yang menimpa RI pada tahun 1998.

"Saya masih terharu sekarang. Karir saya itu mulanya kan di Citibank. Salah satunya kenal Om Wiliam. Jadi waktu itu di tahun 1980 salah satu rekening Citibank itu Astra. Jadi waktu itu Citibank kasih pinjaman ke Astra. Jadi saya kenal keluarga William Soeryadjaja dengan baik. Dan Wiliam ajak saya "mau gak join astra?" ujar dia di Menara Astra, Rabu (20/2).

Meski sempat ragu, Rini dipercaya bisa membangun Astra hingga menjadi perusahaan terbuka (go public) oleh sosok William Soeryadjaja tersebut.

"Waktu ditanya mau join, saya bilang om kenapa? Dia jawab, soalnya saya mau Astra International itu jadi perusahaan publik. Enggak mau jadi perusahaan keluarga tapi betul-betul dikelola jadi perusahaan profesional. Terus saya bilang kalau saya masuk di perusahaan keluarga kayanya kurang pas, tapi beliau bilang enggak, pokoknya kamu harus siapin Astra jadi go public," ujarnya.

Oleh karena itu, saat meresmikan Menara Astra hari ini di daerah Sudirman Jakarta Selatan, Menteri Rini merasa tak percaya bahwa PT Astra International Tbk dapat mencapai prestasi dan memiliki gedung sebesar ini.

"Dulu waktu 1989 saya masih jadi GM finance Astra nyiapin Astra jadi perusahaan go publik. Terharunya waktu 1998 itu Astra hampir bangkrut, setengah mati krisis moneter dan sekarang punya kantor segede ini jadi saya terharu dan bangga sekali," tandasnya.

Reporter: Baowno Yadika

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini