Cerita Elon Musk Kantongi Rp155 Triliun dari Kesuksesan Tesla Sepanjang 2020

Selasa, 11 Mei 2021 08:00 Reporter : Merdeka
Cerita Elon Musk Kantongi Rp155 Triliun dari Kesuksesan Tesla Sepanjang 2020 Elon Musk. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kesuksesan yang dicetak produsen mobil listrik Tesla sepanjang turut berimbas positif pada kompensasi jumbo yang diperoleh sang CEO, miliuner Elon Musk untuk periode fiskal 2020. Jika dihitung dengan berbagai kompensasi yang didapatkannya, Musk adalah CEO dengan gaji terbesar tahun lalu.

Berdasarkan perhitungan Forbes, kompensasi Musk pada tahun lalu diperkirakan mencapai USD 11 miliar setara Rp155,44 triliun (USD 1= Rp 14.131,50). Kompensasi tersebut disesuaikan dengan berbagai rekor pada pertumbuhan kapitalisasi pasar dan nilai pendapatan yang dibukukan Tesla.

Untuk mencairkan kompensasi tersebut, terdapat 12 tahap yang masing-masing tahap bisa didapatkan apabila Musk berhasil membawa Tesla mencapai nominal tertentu. Sesuai ketentuan yang dibuat tahun 2018, jika berhasil mencapai seluruh tahap itu, Musk bakal diberi hak untuk membeli 101,2 juta lembar saham Tesla dengan harga USD 70 atau sekitar Rp989.205.

Ini Berkali lipat lebih murah dari harganya saat ini lebih dari USD 670 atau lebih dari Rp9,4 juta per lembar saham.

Tahun 2020 lalu, Tesla berhasil menyentuh berbagai rekor baru dan harga sahamnya naik tujuh kali lipat. Karena itu, Forbes mencatat Musk telah berhasil mencapai empat tahap pertama dari total kompensasi yang ditawarkan.

Ketentuannya ialah, jika berhasil mencapai satu tahap, Musk diberi kesempatan untuk membeli 8,4 juta lembar saham dengan harga yang sudah ditetapkan sebelumnya. Forbes menghitung, tahun lalu Elon Musk diperkirakan mengeluarkan biaya USD 2,36 miliar untuk membeli tawaran hadiah saham murah itu.

Namun, jika menyesuaikan dengan harga saham Tesla sebenarnya pada periode pemberian kompensasi, Musk mengumpulkan USD 13,3 miliar sebagai nilai kompensasinya. Dengan nilai itu, artinya Musk telah untung USD 11 miliar sebagai bagian dari kompensasinya tahun lalu, yang juga menyumbang pada penambahan kekayaannya.

Saat ini, dia berada di peringkat tiga orang terkaya dunia, dengan harta sebanyak USD 165,7 miliar atau sekitar Rp2.356 triliun berdasarkan data Forbes pada 5 Mei kemarin.

Baca Selanjutnya: CEO Kompensasi Terbesar...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Elon Musk
  3. Tesla
  4. Orang Terkaya
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini