Cerita di balik penganugerahan menteri terbaik sedunia 2018 dari Indonesia

Selasa, 13 Februari 2018 07:01 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates. Penghargaan Menteri Terbaik ini merupakan penghargaan global yang diberikan kepada satu orang menteri dari semua negara di dunia setiap tahunnya dan mulai diberikan pada 2016.

Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh World Government Summit. Pada 2016, Menteri Lingkungan Australia Greg Hunt terpilih sebagai menteri terbaik. Sementara, Menteri Kesehatan dan Sosial Senegal Awa Marie Coll-Seck yang terpilih di 2017.

Menteri Sri Mulyani menyampaikan apresiasinya menjadi resipien pertama dari Asia yang menerima penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya di bidang ekonomi.

Dia juga mendedikasikan penghargaan tersebut kepada 257 juta rakyat Indonesia dan 78.164 jajaran Kementerian Keuangan yang telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan integritas dan komitmen tinggi untuk menciptakan kesejahteraan rakyat yang merata dan berkeadilan.

"Berbagai upaya reformasi kebijakan telah dicanangkan di Kementerian Keuangan, bertujuan untuk mendorong kebijakan fiskal menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Reformasi birokasi di Kementerian Keuangan juga sudah membuahkan banyak hasil," kata Menteri Sri Mulyani.

Menteri Sri Mulyani menambahkan, dalam nominasi Menteri Terbaik di Dunia, ada delapan orang Menteri dari pelbagai negara yang terjaring. Proses penentuan pun melalui tahapan yang cukup panjang, dengan meminta informasi dari sejumlah pihak seperti dunia swasta, media massa, media sosial, dan sejumlah lembaga lainnya.

"Tentu dari sisi kriteria, dan apa yang dicari, sepenuhnya dilakukan independen. Hasil yang disampaikan, mereka dapat dari berbagai sumber," kata dia. [bim] SELANJUTNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini