Cerita di Balik Orang Terkaya China Tanggalkan Jabatan Saat di Puncak Kesuksesan

Kamis, 12 September 2019 06:00 Reporter : Merdeka
Cerita di Balik Orang Terkaya China Tanggalkan Jabatan Saat di Puncak Kesuksesan Jack Ma Alibaba. ©Reuters

Merdeka.com - Orang terkaya China sekaligus Co-Founder e-Commerce Alibaba, Jack Ma, resmi mengundurkan diri dari Alibaba. Jabatan terakhir yang ditinggalkannya ialah sebagai ketua eksekutif Alibaba. Posisi Jack Ma akan diteruskan oleh Daniel Zheng, CEO dari Alibaba.

Dilansir dari CNN, Jack Ma dinilai mengundurkan diri di saat Alibaba berada di puncak kejayaan. Jack Ma resmi mengundurkan diri pada 10 September 2019. Bukan tanpa sebab dirinya memilih tanggal tersebut.

10 September merupakan Hari Guru di China. Alasan lainnya adalah keinginannya untuk pensiun lebih awal dari Bill Gates. Bos microsoft itu pensiun di usia 58 tahun.

Pengunduran diri ini dilakukan karena dirinya akan fokus kepada pendidikan, menjadi seorang filantropi, serta pemberdayaan wanita. Jack Ma sendiri telah mendirikan yayasan Jack Ma pada 2014 silam.

Dia mengakui bahwa yayasan milik Bill dan Melinda Gates telah menginspirasinya dalam melakukan kegiatan amal.

Pengunduran diri Jack Ma di usia yang relatif muda disebabkan karena hasratnya yang tinggi terhadap pendidikan. Tujuannya ingin memberi kontribusi di bidang pendidikan sebelum usianya genap 70 tahun.

"Guru selalu ingin siswa mereka melebihi mereka. Tanggung jawab untuk saya dan perusahaan lakukan adalah membiarkan orang yang lebih muda dan lebih berbakat mengambil alih peran kepemimpinan," kata Ma.

Jack Ma adalah pengusaha China yang paling terkenal dengan kekayaan hampir USD 40 miliar. Setelah dua dekade membangun perusahaan e-Commerce, bisnis Alibaba menembus nilai sebesar USD 460 miliar. Orang terkaya China ini juga masih memegang 6,22 persen saham di Alibaba.

Reporter Magang: Rhandana Kamilia [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini