Cegah PNS Nekat Mudik, Pemeriksaan Dilakukan Secara Daring

Senin, 27 April 2020 12:48 Reporter : Merdeka
Cegah PNS Nekat Mudik, Pemeriksaan Dilakukan Secara Daring Ilustrasi menggunakan ponsel. ©2013 Merdeka.com/Anugrah Yogi Pranata

Merdeka.com - Wakil Ketua Badan Kepegawaian Negara (BKN), Supranawa Yusuf, menyatakan BKN bisa melakukan pemeriksaan terhadap ASN/PNS yang melanggar larangan mudik secara daring (online). Hal ini memungkinkan mengingat pandemi Corona yang masih mewabah di Indonesia membuat prosedur yang melibatkan tatap muka tidak diperbolehkan untuk sementara.

"Saya kira dengan perkembangan sekarang, kita sudah banyak kemajuan IT. Administrasi dokumen kita lakukan secara digital. Jadi, ya, kenapa tidak?" kata Supranawa dalam konferensi pers virtual, Senin (27/4).

Jika memang akan dilakukan secara online, maka ada prakondisi yang harus disiapkan baik oleh pengelola kepegawaian maupun pegawai itu sendiri. Oleh karenanya, Supranawa meminta agar pengelola kepegawaian bisa memperhatikan para pegawai, misalnya dari sisi ketersediaan internet di kampung halaman yang bersangkutan.

"In case, kalau misalnya pegawainya tidak ada fasilitas internet, pengelola harus turun tangan. Nanti mungkin harus ada petunjuk pelaksanaan yang diterbitkan untuk melakukan hal ini," lanjutnya.

Baca Selanjutnya: Sanksi Dijatuhkan Usai Corona Berakhir...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini