Cegah kemacetan, pemerintah imbau pemudik kembali lebih awal

Rabu, 6 Juli 2016 10:18 Reporter : Hana Adi Perdana
Cegah kemacetan, pemerintah imbau pemudik kembali lebih awal

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan mengimbau pemudik agar kembali ke perantauan sebelum hari terakhir libur bersama. Ini guna menghindari penumpukan kendaraan di jalan seperti terjadi saat arus mudik.

"Saya imbau kepada masyarakat agar tidak pulang berbarengan. Bisa pulang duluan mulai Jumat, jangan pas hari Minggu," ujar Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo kepada merdeka.com di Jakarta, Rabu (6/7).

Hal senada diungkapkan Kepala badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Zuna. Dia menyarankan pemudik kembali lebih awal dan kreatif mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan.

"Rutenya juga jangan di satu titik saja. Lewat selatan enak, di tengah juga baik. Petugas di lapangan diharapkan lebih siap lah."

Pengamat Transportasi Darmaningtyas pesimistis jika arus balik nantinya bakal lancar. Namun demikian, dirinya berharap petugas di lapangan agar bisa lebih bekerja keras mengatur lalu lintas.

"Kebanyakan mereka kembali hari Sabtu- Minggu. Jadi kalau sampai itu terjadi bersamaan ya sulit rasanya untuk tidak macet lagi. Masyarakat harus lebih cerdas dalam mengatur waktu mereka." [yud]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini