Cegah Kecelakaan Akibat Rem Blong, Pengusaha Truk Diminta Lakukan Ini

Jumat, 21 Januari 2022 16:48 Reporter : Dwi Aditya Putra
Cegah Kecelakaan Akibat Rem Blong, Pengusaha Truk Diminta Lakukan Ini kecelakaan tronton di lampu merah balikpapan. ©2022 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Kecelakaan maut terjadi di titik lampu merah Jalan Soekarno-Hatta, Simpang Muara Rapak, Balikpapan. Sebuah mobil tronton mengalami rem blong hingga menabrak sejumlah pengendara di depannya.

Berkaca dari kejadian itu, Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) meminta kepada pengusaha angkutan barang untuk beralih menggunakan sistem pengereman secara full air brake. Penggunaan sistem ini dinilai lebih baik, untuk meminimalisir terjadinya rem blong yang berdampak pada kecelakaan.

"Seharusnya pemerintah sudah melarang untuk truk menggunakan sistem pengereman air over hydraulic (AOH)," kata Ketua Umum DPP Aptrindo, Gemilang Tarigan saat dihubungi merdeka.com, Jumat (21/1).

Di samping itu, Aprtindo melihat kecelakaan tejadi di Balikpapan lantaran jenis kendaraan yang digunakan tidak sesuai dengan muatan yang diangkut. Dia pun meminta agar pengusaha memodifikasi kendaraan tronton menjadi dengan truk trailer.

"Dan truk mengangkut kontener di sana adalah namanya tronton jadi pertama memang belum sepenuhnya menjalankan aturan. Seharusnya truk pengangkut kontener itu adalah trailer bukan tronton tapi ini masih perlu pembenahan," jelasnya.

"Itu dulu dari segi keselamatan dan teknik pembenahan harus dilakukan," tambahnya.

Selain itu, dia melihat penyebab lain kecelakaan tersebut terjadi akibat infrastruktur jalan yang menurun, di tambah adanya lampu merah. "Ini kan juga satu masalah. Jadi sebaiknya jalan tersebut dibangunkan flyover. Itulah kira kira dari kita kalau pengusaha truk melihat itu," jelas dia. [azz]

Baca juga:
Kecelakaan di Balikpapan, Sopir Kontainer Sehat Saat Mengemudi dan Negatif Narkoba
Satu Korban Meninggal Kecelakaan Maut di Balikpapan Dibawa Pulang Keluarga
Polisi Update Data Kecelakaan di Balikpapan: 4 Meninggal, 1 Kritis, 21 Luka
Foto Kondisi Kendaraan Akibat Kecelakaan Maut di Balikpapan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini