Catat, Ini Syarat Naik Kereta Api saat Libur Natal dan Tahun Baru 2023

Sabtu, 10 Desember 2022 11:00 Reporter : Sulaeman
Catat, Ini Syarat Naik Kereta Api saat Libur Natal dan Tahun Baru 2023 Arus mudik di Stasiun Gambir. ©2016 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Moda transportasi Kereta Api (KA) masih menjadi pilihan utama masyarakat. Termasuk untuk mobilitas saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Ini karena Kereta Api memiliki jarak tempuh yang lebih cepat dibandingkan moda angkutan darat lainnya. Selain itu, faktor keamanan juga menjadi pertimbangan utama masyarakat untuk memilih menggunakan KA saat Nataru.

Meski begitu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI masih menerapkan sejumlah persyaratan bagi penumpang KAI di masa libur Nataru 2023. Hal ini untuk memastikan seluruh perjalanan KA bebas dari penularan virus Covid-19.

Berikut persyaratan naik KA di masa libur Nataru:

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyampaikan, saat ini, persyaratan menggunakan KA masih mengacu pada Surat Edaran 84 Kementerian Perhubungan RI yang berlaku sejak 30 Agustus 2022, yakni:

1. Usia 18 tahun ke atas:

a) Wajib vaksin ketiga (booster)

b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua

b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

2. Usia 6-17 tahun:

a) Wajib vaksin kedua

b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin

c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

3. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR. Namun, wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

"Persyaratan vaksin tersebut saat ini sudah tidak dapat lagi digantikan melalui pemeriksaan PCR atau Antigen. Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan diarahkan untuk melakukan pembatalan tiket sesuai aturan normal di loket stasiun," kata Eva dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Sabtu (10/12).

2 dari 2 halaman

Wajib Gunakan Masker

Pelanggan juga tetap diwajibkan menggunakan masker selama dalam perjalanan di atas KA dan saat berada di stasiun. Untuk mengedepankan protokol kesehatan seluruh calon pengguna juga akan melalui pemeriksaan suhu tubuh di stasiun dan wajib memiliki suhu tubuh normal yakni tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

"Seluruh penumpang juga akan diberikan healthy kit berupa masker pengganti sesuai standar dan pembersih tangan," ungkapnya.

Untuk pembelian tiket, masyarakat dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI.

"Kota tujuan favorit penumpang KAJJ seperti diantaranya Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Tegal, Kutoarjo, Surabaya, Malang dan Madiun sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung pada masa angkutan selama 18 hari mulai dari tanggal 22 Desember 2022 - 8 Januari 2023," kata Eva

Untuk informasi lebih lanjut terkait KA Tambahan dan penjualan tiket pada masa Angkutan Nataru, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Baca juga:
Stok dan Harga Pangan Dijamin Aman Hadapi Libur Natal dan Tahun Baru 2023
Harga Telur Ayam Meroket Jelang Libur Natal, Tembus Rp30.700 per Kg
Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok 11 Komoditas Pangan di Jabar Dipastikan Surplus
Tol Cisumdawu Siap Beroperasi pada 20 Desember, Ini Fakta-faktanya
Polisi Kaji Penerapan Ganjil Genap saat Natal dan Tahun Baru di Bogor

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini