Catat, Ini Kisi-kisi Soal Tes PPPK Tenaga Kesehatan Digelar Mulai Hari Ini

Selasa, 6 Desember 2022 16:30 Reporter : Siti Ayu Rachma
Catat, Ini Kisi-kisi Soal Tes PPPK Tenaga Kesehatan Digelar Mulai Hari Ini CPNS. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Pelaksanaan seleksi CAT untuk PPPK Tenaga Kesehatan dimulai pada hari ini Selasa (6/12) hingga 20 Desember 2022. Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama Panitia Seleksi (Pansel) masing-masing Instansi tengah menyiapkan rangkaian penyelenggaraan seleksi, seperti penjadwalan ujian dan sebaran titik lokasi yang akan digunakan.

"Pelaksanaan seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Tenaga Kesehatan akan dimulai pada Selasa, 6 Desember 2022 dengan menggunakan seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT)," mengutip keterangan tertulis BKN.

Sebelumnya, BKN secara resmi membuka pendaftaran PPPK Tenaga Kesehatan mulai tanggal 3 November 2022. Ini berdasarkan surat Kepala BKN Nomor 36563/B-KS.04.01/SD/K/2022 terkait jadwal pelaksanaan seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Kesehatan Tahun 2022.

Pelamar PPPK Kesehatan yang dapat melamar adalah eks Tenaga Honorer Kategori II (THK-II) yang terdaftar dalam database BKN dan/atau Tenaga Kesehatan Non-ASN yang terdaftar di Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berdasarkan data per tanggal 1 April 2022.

Untuk pengumuman seleksi dimulai tanggal 3-17 November 2022 dan peserta PPPK Tenaga Kesehatan dapat mengikuti pendaftaran seleksi pada tanggal 3 hingga 18 November 2022 melalui portal https://sscasn.bkn.go.id.

Kemudian bagi, para peserta PPPK Tenaga Kesehatan setelah membuat akun dan registrasi akan divalidasi terlebih dulu data kependudukannya dan filtering SISDMK Kemenkes untuk dapat melewati tahap pengumuman seleksi administrasi yang akan diumumkan pada 19-20 November 2022.

Bagi anda pelamar PPPK Nakes 20022 akan melakukan ujian yang terdiri dari empat seleksi. Untuk keempat seleksi tersebut yakni Seleksi kompetensi teknis, seleksi kompetensi manajerial, seleksi kompetensi sosial kultural dan wawancara.

2 dari 2 halaman

Kisi-Kisi Soal Ujian

Dikutip dari Peraturan Menteri PANRB Nomor 29 Tahun 2021 berikut penjelasannya:

1. Materi Kompetensi Teknis

Ujian tersebut bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan

2. Materi Kompetensi Manajerial

Ujian ini bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan:

a. integritas
b. kerja sama
c. komunikasi
d. orientasi pada hasil
e. pelayanan publik
f. pengembangan diri dan orang lain
g. mengelola perubahan
h. pengambilan keputusan

3. Materi Kompetensi Sosial Kultural

Ujian ini bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan.

4. Wawancara

Ujian ini bertujuan untuk menilai integritas dan moralitas anda sebagai pelamar PPPK nakes. [idr]

Baca juga:
HUT PGRI, Ganjar Lapor ke Jokowi soal Curhat Guru Honorer Minta Diangkat PPPK
Persiapkan Diri, Seleksi CAT PPPK Tenaga Kesehatan 2022 Dijadwalkan Mulai 6 Desember
BKN Nonaktifkan Meterai Elektronik untuk Pelamar PPPK, Ini Solusi Terbarunya
Sistem Penilaian PPPK 2022 Lengkap dengan Persyaratan & Jumlah Soal
Tiga Solusi Terbaru KemenPAN Tangani Nasib Honorer, Termasuk Diberhentikan Semua
Cara Cek Hasil Pengumuman Seleksi Administrasi PPPK Guru Tahun 2022

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini