Cara mudah memahami utang Indonesia biar tak termakan hoax

Rabu, 21 Maret 2018 07:43 Reporter : Syifa Hanifah
Cara mudah memahami utang Indonesia biar tak termakan hoax hutang. shutterstock

Merdeka.com - Kalau lihat media sosial akhir-akhir ini isu utang Indonesia yang menggunung banyak dibicarakan. Apakah benar utang Indonesia itu besar dan bisa bikin bangkrut negara? Atau ada motif politik di balik isu utang?

Mari lihat data. Dalam catatan Bank Indonesia (BI) pada akhir Januari 2018, Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia sekitar USD 357,5 miliar atau setara Rp 4.915 triliun. Rinciannya, dari angka tersebut terdapat utang pemerintah dan bank sentral sebesar USD 183,4 miliar atau setara Rp 2.394 triliun, serta utang swasta sebesar USD 174,2 miliar setara Rp 2.394 triliun.

Meski jumlah utang yang mencapai lebih dari Rp 4 ribu triliun, namun pemerintah masih memiliki kemampuan untuk membayar utang bila membandingkan dengan produk domestik bruto (PDB) yang masih di bawah 30 persen.

Direktur Strategi dan Portfolio Pembiayaan Kementerian Keuangan, Scheneider juga menjelaskan, utang pemerintah sekitar USD 183,4 miliar terdiri dari pinjaman kreditur asing sebesar USD 55,7 miliar dan Surat Berharga Negara (SBN), SUN dan Sukuk Negara, rupiah dan valas yang dipegang non residence USD 124,5 miliar.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini