Capai 100 Persen, Program Kartu Prakerja Disebut Bakal Lanjut di 2021

Senin, 28 Desember 2020 15:23 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Capai 100 Persen, Program Kartu Prakerja Disebut Bakal Lanjut di 2021 Wapres Maruf Amin. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan program kartu prakerja akan berlanjut hingga 2021. Hal tersebut karena berhasil mencapai target kepersertaan 100 persen, yaitu 5,6 juta orang.

"Menurut info yang saya terima program ini telah berhasil mencapai target kepesertaan 100 persen yakni 5,6 juta orang. Namun karena pekerja yang telah mendaftar juga yang saya denger, mendaftarkan program kartu pra kerja ini mencapai 43 juta orang maka pemerintah insyaallah memutuskan melanjutkan kegiatan ini pada 2021, insyaAllah," kata Ma'ruf Amin saat silaturahmi dengan komunitas kartu prakerja, dalam akun youtube Kartu Prakerja, Senin (28/12).

Dia pun berharap kendala yang dirasakan, serta aspirasi yang disampaikan pada program di 2020 bisa memperbaiki di 2021. Sehingga program tersebut bisa lebih baik kembali.

"Saya berharap kendala atau aspirasi pada 2020 ini dapat memicu inovasi baru pada pelaksanaan program kartu pra kerja pada 2021 nanti. Sehingga pelaksanaan program ini bisa lebih baik lagi," imbuhnya.

Menurutnya, Kartu Prakerja merupakan salah satu langkah extra ordinary pemerintah untuk menjaga kestabilan kondisi ketenagakerjaan di Indonesia. "Pelaksanaannya memanfaatkan teknologi dan berupaya mendorong pengembangan kompetensi pencari kerja, mereka yang terkena PHK atau yang membutuhkan peningkatan keterampilan, termasuk UMKM yang tutup akibat pandemi," jelasnya.

Selain itu, Kartu Prakerja bisa menjadi insentif untuk menjaga daya beli yang turun akibat pandemi Covid-19. Diharapkan dengan Prakerja, angkatan kerja bisa mendapatkan pekerjaan, para pekerja bisa meningkatkan keterampilannya dan pelaku UMKM yang tutup bisa membuka usaha kembali.

"Saya apresiasi hal ini, dan saya harap pelaksanaannya akan bisa lebih baik," tutupnya.

Baca Selanjutnya: Sebelumnya diketahui Menteri Koordinator Bidang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini