Cadangan Devisa Diprediksi Surplus USD 3 Miliar di Kuartal II 2019

Jumat, 5 Juli 2019 15:13 Reporter : Dwi Aditya Putra
Cadangan Devisa Diprediksi Surplus USD 3 Miliar di Kuartal II 2019 Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. ©2018 Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

Merdeka.com - Bank Indonesia mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2019 sebesar USD 123,8 miliar. Angka ini meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Mei 2019 yang sebesar USD 120,3 miliar.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, dengan cadangan devisa yang mencapai USD 123,8 miliar pada Juni 2019 maka akan membuat neraca pembayaran kuartal-II 2019 surplus USD 3 miliar. Angka ini naik tipis dibandingkan kuartal-I 2019 yang sebesar USD 2,4 miliar.

"Posisi USD 123,8 miliar itu tinggi dibandingkan bulan sebelumnya, bahwa secara overall itu di triwulan kedua secara keseluruhan akan mengalami surplus neraca pembayaran sekitar USD 3 miliar," ujar Perry saat ditemui di Kompleks Masjid BI, Jakarta, Jumat (5/7).

Perry menambahkan, selain cadangan devisa neraca pembayaran yang surplus pada kuartal II-2019 juga akan ditopang dengan meningkatnya aliran masuk modal asing yang terlihat di neraca transaksi modal dan finansial.

Di mana hingga per 4 Juli 2019 BI mencatat arus masuk modal asing atau capital inflow ke Indonesia telah mencapai Rp170,1 triliun. Aliran dana tersebut masuk melalui portofolio Surat Berharga Negara (SBN), pasar saham dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

Kendati begitu, Perry mengatakan untuk neraca transaksi berjalan besaran defisitnya tidak akan melebihi dari tiga persen Produk Domestik Bruto (PDB). Di kuartal I-2019, defisit transaksi berjalan sebesar 2,6 persen PDB atau sekitar USD 7 miliar.

"Secara persisnya angka defisit transaksi berjalan menunggu angka-angka neraca perdagangan di Juni. Kami tunggu BPS untuk melihat persisnya angka defisit transaksi berjalan seperti apa tapi perkiraan kami tidak akan lebih tinggi dari tiga persen PDB, atau lebih rendah dari PDB," pungkasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini