Buruh Bakal Gelar Aksi Solidaritas Untuk Palestina

Minggu, 16 Mei 2021 14:25 Reporter : Merdeka, Anggun P. Situmorang
Buruh Bakal Gelar Aksi Solidaritas Untuk Palestina Said Iqbal. ©Liputan6.com/Ady Anugrahadi

Merdeka.com - Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KPSI) akan menggelar aksi solidaritas untuk Palestina, Selasa (18/5). Aksi akan diikuti ribuan buruh.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, untuk di wilayah DKI Jakarta, aksi akan dipusatkan di Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat atau Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Aksi akan dilakukan dengan cara damai santun dan terukur, wajib mengikuti protokol kesehatan. Artinya wajib rapid tes antigen, pakai masker, menjaga jarak," ujar Said dalam konferensi pers KSPI, Minggu (16/5).

Said menegaskan, pada prinsipnya, seluruh peserta aksi KSPI akan berkoordinasi mengikuti arahan petugas kepolisian dan satgas Covid-19. Lanjutnya, aksi ini akan diikuti ribuan buruh.

"Anggota KSPI beranggotakan 5 ribu pabrik lebih di 30 provinsi. Kalau saja setiap pabrik mengirimkan orang pada hari Selasa 18 Mei nanti, 5 orang saja, kalikan 5 ribu hampir 25 ribu orang akan ikut aksi itu," katanya.

Said menegaskan, tuntutan aksi dari buruh hanya satu, yaitu meminta agar agresi militer Israel ke Palestina khususnya di jalur Gaza dihentikan segera.

"Tarik tentara militer israel dari masjidil al-aqsa," tandas Said. [did]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini