Bunga KUR Turun, Edhy Prabowo Sebut Akses Pendanaan Nelayan Makin Banyak

Selasa, 12 November 2019 16:18 Reporter : Anggun P. Situmorang
Bunga KUR Turun, Edhy Prabowo Sebut Akses Pendanaan Nelayan Makin Banyak edhy prabowo. ©2019 Merdeka.com/yunita amalia

Merdeka.com - Pemerintah memutuskan untuk menurunkan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi 6 persen dari sebelumnya 7 persen. Penurunan tersebut diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat kelas menengah ke bawah.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan, penurunan suku bunga tersebut merupakan berita bagus buat nelayan. Sebab, nelayan nantinya akan mendapat jenis pendanaan yang semakin banyak.

"Hari ini berita bagus buat nelayan. Jadi, ada penurunan bunga dari KUR. Lalu ada penambahan kuota, 36 persen. Jadi kita genjot di UKM. Sektor kami, nelayan aksesnya akan lebih banyak," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (12/11).

Dia mengakui, KUR untuk nelayan memiliki resiko yang tinggi. Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan edukasi dan pembinaan agar setiap penerima KUR mampu mencicil pinjaman dengan tepat waktu.

"Ini memang tugas kami untuk bisa meminimalisir resiko. Tapi kan karena ada ketidakpastian. NPL kita kan di bawah 1,5 persen. Jadi pengembaliannya yang macet di bawah 1,5 persen," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Penyaluran KUR Sektor Kelautan dan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini