BUMD Cikahuripan Bikin Perahu 'Fiberglass' Pertama

Sumber : | Senin, 8 Juni 2009 18:17
BUMD Cikahuripan Bikin Perahu 'Fiberglass' Pertama
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Perahu nelayan berbahan fiberglass pertama yang diproduksi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cikahuripan, Kecamatan Cisolok-Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin (08/6), resmi diluncurkan.

Dalam acara yang berlangsung di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Cisolok itu, hadir para nelayan, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr Herry Suhardiyanto, Bupati Sukabumi Sukmawijaya, Kasubdit Usaha Mikro Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) Sapta Putra Ginting.

Kepala Desa Cisolok Aji Marpudin dalam laporannya mengatakan, peluncuran itu merupakan hari bersejarah bagi desanya, setelah mendapat pendampingan dari Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) IPB.

"Kondisi ini menunjukkan bahwa masyarakat Cikahuripan mampu berkarya dan berdaya dengan menghasilkan produk berkualitas asalkan ada proses pendampingan dan bimbingan lembaga terkait," katanya.

Ia mengatakan, yang lebih penting lagi adalah program industri perahu fiberglass itu, yang diprioritaskan adalah nelayan kecil dan dari keluarga miskin, di antaranya anak buah kapal (ABK) yang belum memiliki perahu.

Menurut dia, semangat dan cita-cita serta harapan terwujudnya masyarakat Desa Cikahuripan yang mandiri dan sejahtera, akan terwujud seandainya mendapat dukungan semua pihak.

Sementara itu, perahu produksi BUMDes Cikahuripan bersama LPPMB IPB yang diberi nama 'Kahuripan Nusantara' itu panjangnya 9,5 meter, lebar 105 cm dan tinggi 70 cm.

Harga tunai perahu lengkap dengan gading Rp12.500.000, sedangkan jika dengan mesin 9 PK harganya Rp18.500.000. Harga kredit dengan maksimum angsuran tiga tahun, ditambah bunga 6-12% per tahun.(kpl/bar)

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE