Bulog: Stok Beras dan Daging Cukup hingga Pertengahan Tahun Depan

Jumat, 7 Desember 2018 14:03 Reporter : Yan Muhardiansyah
Bulog: Stok Beras dan Daging Cukup hingga Pertengahan Tahun Depan Beras Bulog. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Stok beras di gudang Bulog Divisi Regional (Divre) Sumatera Utara saat ini tercatat mencapai 90.000 ton. Bukan hanya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pada perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, jumlah itu bahkan cukup hingga pertengahan tahun depan.

"Saat ini stok beras kita yang dikuasai Bulog berjumlah 90.000 ton. Stoknya di seluruh gudang Bulog di Sumatera Utara, termasuk di Gunung Sitoli, dan gudang yang kita sewa, karena gudang kita hanya berkapasitas 80.000 ton," kata Benhur Ngkaimi, Kepala Bulog Divre Sumut, Jumat (7/12).

Dia mengatakan, stok beras yang ada di gudang Bulog itu cukup hingga pertengahan tahun depan. "Kalau kita salurkan, bisa sampai Juli atau Agustus 2019," jelas Benhur.

Ketersediaan cadangan beras itu merupakan upaya Bulog untuk mempertahankan kestabilan harga. Sementara kelancaran distribusi, yang menjadi salah satu faktor kestabilan harga itu, menjadi tugas Satgas Pangan dan Dinas Perdagangan.

Bulog juga terus melakukan operasi pasar rutin. Kebijakan ini berbeda dengan kondisi di masa lalu, di mana kegiatan itu hanya dilakukan saat menyambut hari besar keagamaan atau saat terjadi lonjakan harga.

"Sekarang OP (operasi pasar) sudah menjadi rutinitas Bulog setiap hari. Bahkan pemerintah meminta kita (Bulog) melakukan operasi pasar 15.000 ton per hari," jelas Benhur.

Pada kesempatan itu, Benhur juga memaparkan soal stok daging beku di Sumut. Saat ini cadangan di Bulog Divre Sumut mencapai 60 ton.

Seperti beras, Bulog tidak untuk sementara tidak menambah stok karena penyerapan daging beku ini mengalami penurunan drastis. "Dua bulan terakhir ini penyerapannya agak kurang maksimal Sudah dua bulan ini ada 2 kontainer yang belum habis. Padahal normalnya setiap bulan habis," ucapnya. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Stok Beras Nasional
  2. Bulog
  3. Medan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini