Bulog Maksimalkan Serap Beras Petani, Jamin Pasokan Aman Hingga Akhir Tahun

Kamis, 25 Juni 2020 12:12 Reporter : Sulaeman
Bulog Maksimalkan Serap Beras Petani, Jamin Pasokan Aman Hingga Akhir Tahun beras bulog. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog), Budi Waseso memastikan mampu mengatasi kebutuhan pangan beras hingga akhir Desember 2020. Tercatat, stok beras Bulog hingga saat ini mencapai 1,4 juta ton.

"Jadi, saya yakinkan bahwa beras kita ini cukup untuk kegiatan sampai bulan Desember tahun ini. Sampai hari ini kita masih punya (stok beras) 1,4 juta ton," kata Buwas saat menggelar rapat bersama Komisi IV DPR RI, di Komplek Parlemen, Kamis (25/6).

Dia menjelaskan bahwa saat ini stok beras yang dikelola oleh mencapai 1,4 juta ton. Sementara stok cadangan beras pemerintah (CBP) yang harus dikelola Bulog berkisar 1 sampai 1,5 juta ton di tahun ini.

Meski begitu, pihaknya terus memaksimalkan penyerapan produksi gabah petani di sejumlah daerah. Terutama pada panen musim pertama di bulan April sampai Juni tahun ini.

Bahkan, Bulog juga berkomitmen untuk menyerap gabah pada panen musim kedua pada September sampai November. Cara ini untuk mengamankan stok beras nasional hingga 2021.

Oleh Karenanya, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk memetakan daerah yang tengah dan masih panen di tahun ini. Menyusul perbedaan waktu panen di sejumlah provinsi.

"Seperti di Lampung baru mulai panen. Kemudian daerah lainnya kita maksimalkan, untuk wilayah DKI yang kurang (beras)," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini