Buat Pencari Kerja, Ini 5 Industri Tetap Stabil di Masa Pandemi Versi Jobstreet

Selasa, 7 Desember 2021 07:30 Reporter : Dwi Aditya Putra
Buat Pencari Kerja, Ini 5 Industri Tetap Stabil di Masa Pandemi Versi Jobstreet ilustrasi rumah sakit. Shutterstock/sfam_photo

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 mengubah banyak hal dalam segala aspek kehidupan. Salah satu aspek yang terdampak yakni sektor tenaga kerja. Terbatasnya interaksi manusia, menyebabkan lumpuhnya mayoritas kegiatan ekonomi. Banyak industri pekerjaan yang mengalami penurunan profit karena hal tersebut.

Akibatnya, banyak sekali kesempatan pekerjaan yang terpaksa ditutup dan banyak karyawan di-PHK karena keterbatasan pembiayaan perusahaan. Kondisi darurat ini mengakibatkan banyak karyawan kehilangan pemasukan.

Namun sejumlah sektor diprediksi memiliki prospek kerja lebih menjanjikan pasca pandemi Covid-19. Hal Ini dapat dilihat bahwa terdapat beberapa sektor yang memiliki waktu kerja lebih banyak.

Beberapa sektor memiliki keuangan yang cenderung stabil, sehingga memiliki ketahanan finansial yang baik. Industri yang berbasis digital justru semakin dicari karena digitalisasi industri saat ini. Kesamaan dari semua industri ini adalah mereka memiliki kualifikasi khusus yang memerlukan pelatihan dan pemahaman yang baik, sehingga kinerjanya tidak bisa digantikan oleh mesin.

Berikut ini lima industri yang memiliki ketahanan yang baik pasca pandemi Covid-19 seperti dikutip dari Jobstreet :

2 dari 6 halaman

Industri Kesehatan dan Farmasi

Pandemi Covid-19 meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya peran sektor kesehatan dan farmasi dalam kehidupan. Kebutuhan akan vitamin, literasi kesehatan, alat-alat kesehatan, hingga penelitian semakin meningkat semenjak pandemi untuk kepentingan darurat Covid-19.

Selain itu juga, industri kesehatan dan farmasi merupakan industri prioritas nasional yang termasuk ke dalam program Making Indonesia 4.0. Berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan, terdapat hingga 408 industri obat-obatan di Indonesia.

Industri produksi alat-alat kesehatan juga mengalami peningkatan sebesar 361,66 persen semenjak tahun 2015.

Ketahanan industri kesehatan dan farmasi yang sudah terbukti melalui perkembangannya, ditambah dengan pandemi semakin menonjolkan esensinya kini membuktikan bahwa industri ini memiliki ketahanan yang baik. Pekerjaan-pekerjaan yang berada dalam industri ini antara lain, Research and Development, Dokter, Perawat, dan Apoteker.

3 dari 6 halaman

Industri Informasi dan Teknologi

Digitalisasi saat ini merupakan cara hidup baru yang memungkinkan segala hal di dunia untuk ada. Dimulai dari metode pembayaran cashless yang kini lebih diminati karena kemudahannya, hingga pembuatan aplikasi sebagai produk, dan pembuatan website untuk memasarkan eksistensi perusahaan.

Selain itu, teknologi telekomunikasi merupakan aspek yang sangat penting untuk perkembangan daerah dan negara demi penyebaran informasi yang merata. Berdasarkan laporan Mengupas Talent Global, industri IT merupakan industri yang memiliki dampak minim pandemi dalam hal finansial. Hal ini menjadikannya industri dengan ketahanan yang baik.

Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, Indonesia memiliki tenaga kerja yang melimpah, industri IT yang mulai berkembang dan masuk ke Indonesia seperti Oracle, Microsoft, dan IBM, komponen pendukung IT yang kini sudah diproduksi dalam negeri, dan kesiapan infrastruktur nusantara yang siap beroperasi. Sumber daya yang dibutuhkan kini cukup mumpuni untuk perkembangan industri IT.

Hingga saat ini, ada banyak sekali pekerjaan yang paling dicari oleh perusahaan di bidang IT yakni UX/UI Designer, Front End Developer, Back End Developer, dan Data Scientist.

4 dari 6 halaman

Industri Jasa Keuangan

Sektor finansial atau yang biasa kita kenal dengan penyedia jasa keuangan akan terus eksis untuk mengembangkan perekonomian dan memberikan keamanan dan menyediakan akses finansial. Sektor finansial tidak begitu terdampak pandemi dan dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk memulihkan ekonomi nasional pascapandemi.

Di tahun 2020, negara melalui OJK bertanggungjawab untuk menguatkan sektor ini sehingga ketahanannya akan terus terjaga. Selain itu, peran sektor dalam mendorong perekonomian negara menjadikan salah satu industri yang memiliki prospek menjanjikan.

Industri jasa keuangan yang meliputi lembaga perbankan, lembaga non-bank, dan pasar modal menjadi fokus utama dalam hal pemberian stimulus OJK. Contoh pekerjaannya yang bisa kamu pertimbangkan yakni Akuntan, Auditor Internal, Auditor Eksternal, Appraisal, dan sebagainya.

5 dari 6 halaman

Industri Sektor Publik

Industri sektor publik yang mencakup pemerintahan umum dan badan usaha milik negara (BUMN) mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan tenaga kerja. Stabilitas pekerjaan yang dijanjikan menjadikannya salah satu industri yang paling diminati karena merupakan bagian langsung dari negara.

Pekerjaan-pekerjaan yang berada di industri sektor publik yakni Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di departemen dan non departemen, lembaga tinggi negara, lembaga pengadaan pelayanan sosial, administrasi pemerintahan dan Pegawai BUMN.

Kedua subsektor ini memiliki proses rekrutmen yang khusus dan diadakan hampir serentak se-Indonesia, dengan tanggung jawab dan spesialisasi berbeda-beda bergantung pada jenis sub-sektor yang tersedia.

6 dari 6 halaman

Industri Energi

Industri energi merupakan penopang hampir seluruh industri yang ada di revolusi industri 4.0 ini. 

Bahkan dalam kondisi darurat, energi, esensial lainnya sehingga ketersediaan energi perlu dijaga. Energi listrik dibutuhkan di zaman serba digital untuk perkembangan digital platform di Indonesia.

BACA JUGA:
{news_title}

Selain itu, penelitian mengenai energi terbarukan juga terus digencarkan agar ketersediaan energi akan tetap terjaga. Jika tidak, industri-industri lain akan terpengaruh, terutama industri manufaktur yang menyediakan bahan-bahan baku utama. Pekerjaan yang ada di industri ini antara lain Engineer, Teknisi, Operator, dan sebagainya. [idr]

Baca juga:
Daftar Keuntungan Indonesia Pimpin Presidensi G20, Termasuk Serap 33.000 Tenaga Kerja
Pemerintah Klaim Presidensi G20 Indonesia 2022 Bantu Serap 33.000 Tenaga Kerja
Curhat Pekerja Rokok Khawatir di-PHK Imbas Kenaikan Cukai Rokok 2022
TPP Dipotong 75 Persen, Tenaga Kesehatan Minta Pemkot Palembang Pertimbangkan Ulang
Google Beri Beasiswa Anak Muda RI yang Mau Menjadi Spesialis IT Hingga Analis Sistem
Fakta-Fakta Program Kartu Prakerja Lanjut di 2022
Pemerintah Klaim Kartu Prakerja Efektif Atasi Permasalahan Pengangguran

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini