BTN: Perbankan Tengah Turunkan Bunga KPR Lewat Beragam Promo

Senin, 19 Agustus 2019 16:50 Reporter : Merdeka
BTN: Perbankan Tengah Turunkan Bunga KPR Lewat Beragam Promo Bank BTN. ©Istimewa

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) beberapa waktu lalu membuat survei yang menunjukkan adanya penurunan penjualan properti. Di mana, salah satu faktor penyebabnya adalah suku bunga Kredit Perumahan Rakyat (KPR) yang terbilang cukup tinggi.

Sebaliknya, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN justru mengemukakan bahwa sektor perbankan saat ini tengah ramai menurunkan suku bunga KPR.

Plt Direktur Keuangan BTN, Nixon Napitupulu, mengatakan suku bunga KPR yang diambil pihaknya mayoritas merupakan suku bunga bersubsidi dengan besaran 5 persen.

"Kalau KPR subsidi kan dari dulu bunganya sama, dibebankan hanya 5 persen sesuai dengan PP dari PUPR. Itu tidak bisa diubah. Yang subsidi ke banknya yang berubah. Tapi itu kan tidak ada impact ke masyarakat," ujar dia di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (19/8).

Sementara, untuk suku bunga KPR non-subsidi, dia menyatakan kebanyakan bank di Tanah Air dalam waktu dekat ini justru lebih banyak menurunkan suku bunga KPR sebagai bentuk promosi. "Kalau yang non-subsidi, rasanya memang justru belakangan ini banyak sekali bunga-bunga promo, di mana itu memicu persaingan penurunan suku bunga KPR," ungkap dia.

Adapun menurut catatan BI, volume penjualan properti residensial di kuartal II 2019 mengalami kontraksi minus 15,9 persen. Pencapaian itu lebih rendah dibanding dengan pertumbuhan pada kuartal sebelumnya, yang sebesar 23,77 persen.

Lebih lanjut, Nixon mengutarakan, beberapa bank biasanya kerap menaikan suku bunga KPR bila masa promo bunganya berakhir. "Yang masalah memang kalau masa promo bunganya berakhir. Itu memang kadang-kadang naiknya cukup lumayan di beberapa bank," sambungnya.

Begitu juga BTN, dia menyebutkan, di mana suku bunga KPR non-subsidi yang ditawarkan bisa naik mencapai double digit bila masa promosi telah usai.

"Kalau yang subsidi kan 5 persen ke nasabah, yang (KPR) non-subsidi kalau dipakai bunga promo bisa 8-9 persen. Rasanya sudah single digit ya. Memang ketika masa promonya lewat bisa di atas 10 persen, sekitar 11 (persen)," tukasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini