BRI kucurkan Rp 44,4 triliun KUR sepanjang semester I 2018

Selasa, 31 Juli 2018 10:58 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
BRI kucurkan Rp 44,4 triliun KUR sepanjang semester I 2018 Pemaparan kinerja BRI. ©2018 Merdeka.com/Yayu

Merdeka.com - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, hingga akhir Juni 2018, mencatat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 44,4 triliun kepada lebih dari 2,2 juta debitur. Pencapaian ini setara 55,9 persen dari target penyaluran KUR BRI di 2018 yakni sebesar Rp 79,7 triliun.

"Salah satu strategi di balik kencangnya penyaluran KUR BRI yakni dengan digitalisasi proses pengajuan KUR," kata Direktur Utama BRI, Suprajarto, dalam acara konferensi pers paparan kinerja keuangan, di Gedung BRI Pusat, Jakarta, Selasa (31/7).

Melalui digitalisasi tersebut, lanjutnya, Bank BRI mampu memangkas SLA (Service Level Agreement) pengajuan KUR serta meningkatkan produktivitas tenaga pemasar atau biasa disebut Mantri BRI.

Sementara itu, dari sisi komposisi, segmen Mikro, Kecil dan Menengah (MKM) masih mendominasi penyaluran kredit Bank BRI. Tercatat senilai Rp 602,7 triliun atau sekitar 75,9 persen dari total kredit BRI disalurkan ke segmen MKM.

"Bank BRI akan terus berkomitmen memberdayakan MKM di Indonesia, dan target kami di tahun 2022 penyaluran kredit ke segmen MKM mencapai 80 persen dari total kredit BRI," ujarnya.

Suprajarto menjelaskan bahwa kredit yang tumbuh tinggi tersebut diimbangi dengan kualitas kredit yang baik. Hal ini tercermin dari rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL Gross BRI) yang tercatat sebesar 2,41 persen.

"NPL BRI tercatat lebih kecil daripada NPL industri, di mana NPL industri perbankan di Indonesia tercatat 2,67 persen pada Juni 2018."

Suprajarto mengatakan, ke depan Bank BRI akan tetap selektif dan hati-hati dalam menyalurkan pinjaman sehingga kualitas kredit tetap berada di posisi ideal. "BRI juga memilih untuk menjaga rasio pencadangan risiko kredit yang ditunjukkan dengan NPL Coverage Ratio di level yang sama dengan Juni tahun lalu di atas 180 persen." [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini