BPS Prediksi Beras, Cabai, Ikan dan Kedelai Impor Bakal Alami Kenaikan Harga

Senin, 1 Februari 2021 13:27 Reporter : Anggun P. Situmorang
BPS Prediksi Beras, Cabai, Ikan dan Kedelai Impor Bakal Alami Kenaikan Harga Cabai di Pasar Tradisional. ©2018 Merdeka.com/Bram Salam

Merdeka.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto mengingatkan, pemerintah mewaspadai kenaikan harga beras. Mengingat terjadi banjir di sejumlah daerah di Indonesia. Apabila banjir dapat diantisipasi dengan baik maka harga beras dapat terjaga.

"Yang perlu diwaspadai, komoditas paling penting adalah beras. Selama 2 tahun terakhir stabil pergerakannya dan tidak memberikan pengaruh inflasi dan akan tetap stabil," Suhariyanto, Jakarta, Senin (1/2).

"Dan pengamatan di lapangan pada Desember, Januari hingga Maret akan bagus. Yang perlu waspadai adalah banjir di beberapa daerah, sehingga potensi akan tetap terjaga," sambungnya.

Suhariyanto juga meminta pemerintah mewaspadai kenaikan harga cabai rawit dan ikan segar. Sebab, dalam beberapa waktu terakhir masih terjadi curah hujan yang tinggi di seluruh Indonesia.

"Kalau kita lihat harga cabai rawit dan ikan segar karena intensitas curah hujan yang tinggi. Ada badai Lalina dan menghambat di sentra produksi. Betul kenaikan harga cabai dan ikan lebih dipengaruhi oleh sisi supply dan berharap sifatnya sementara," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Kedelai Impor

bps prediksi beras, cabai, ikan dan kedelai impor bakal alami kenaikan harga

Suhariyanto menambahkan, komoditas lain yang harus diamati oleh pemerintah adalah kenaikan harga kedelai impor. Karena harga kedelai impor memicu kenaikan tahu dan tempe di dalam negeri.

"Tempe dan tahu, karena ada kenaikan harga impor bahan baku kedelai. Kita lihat harga kedelai di pasar internasional mengalami kenaikan harga. Dan bahan baku tempe dan tahu mengalami kenaikan di Januari. Permintaan tempe dan tahu masih tinggi, lebih dipicu harga kedelai," tandasnya.

[bim]

Baca juga:
Membongkar Penyebab Gejolak Harga Pangan di Awal 2021
Antisipasi Kelangkaan Pangan, Pemerintah Diminta Lakukan Kontrak Impor Jangka Panjang
Cegah Inflasi Pangan, Pemerintah Diminta Segera Gelar Operasi Pasar
Peningkatan Pasokan Lokal Kunci untuk Mengendalikan Harga Pangan Dalam Negeri
Kementan Prediksi Harga Telur Ayam akan Turun Hingga Pertengahan Februari 2021
Daya Beli Turun Jadi Salah Satu Penyebab Harga Cabai Merah Mahal
Harga Cabai Rawit Merah di Pasar Tebet Tembus Rp100.000 per Kg

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini