BPS Catat Kenaikan Nilai Tukar Petani di Mei 2021

Rabu, 2 Juni 2021 14:31 Reporter : Dwi Aditya Putra
BPS Catat Kenaikan Nilai Tukar Petani di Mei 2021 Petani. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai tukar petani (NTP) pada Mei 2021 sebesar 103,39 atau naik 0,44 dibanding NTP bulan sebelumnya. Kenaikan NTP ini dikarenakan Indeks Harga yang Diterima Petani (It) mengalami kenaikan lebih besar daripada indeks yang dibayarkan oleh petani.

Di mana indeks diterima petani mengalami kenaikan mencapai 0,66 persen. Ini lebih besar dari kenaikan indeks yang dibayarkan petani sebesar 0,21 persen.

"Kalau kita lihat komunitas apa saja yang dominan mempengaruhi kenaikan indeks yang diterima oleh petani secara nasional di sini ada komoditas seperti kelapa sawit, cabai potong, jagung, ayam ras, daging, kentang, gabah, petai dan ada karet, ayam kampung, tongkol dan cengkeh," kata Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa BPS, Setianto dalam rilis BPS, di Kantornya Jakarta, Rabu (2/6).

Jika dirinci menurut subsektor semuanya mengalami kenaikan. Hanya untuk subsektor holtikultura yang mengalami penurunan. Di mana pada sektor holtikultura terjadi perubahan minus 2,75 persen.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini