BPK dan KPK Perbarui Kerjasama Cegah Tindak Pidana Korupsi

Selasa, 7 Januari 2020 14:58 Reporter : Merdeka
BPK dan KPK Perbarui Kerjasama Cegah Tindak Pidana Korupsi BPK dan KPK Perbarui Kerjasama Cegah Tipikor. ©2020 Liputan6.com/Athika Rahma

Merdeka.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lakukan pembaruan kerjasama dalam tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK yang berindikasi kerugian negara dan unsur pidana, penghitungan kerugian negara dan upaya pencegahan tindak pidana korupsi.

Penandatanganan pembaruan kerjasama tersebut dilakukan oleh Ketua BPK Agung Firman Sampurna dan Ketua KPK Firli Bahuri di Kantor BPK, Jakarta, Selasa (7/1).

"MoU diperbarui dari nota kesepahaman (sebelumnya). Dengan demikian BPK dan KPK hari ini mengawal babak baru di antara kedua lembaga dengan upaya mendukung KPK dalam melakukan pencegahan dan penindakan tindak pidana korupsi," papar Agung.

Kemudian disebutkan bahwa BPK melakukan pemaparan dan pembahasan atas hasil pemeriksaan yang berindikasi kerugian negara dan unsur pidana dengan KPK. Jika berdasarkan hasil pemaparan terbukti terdapat kerugian negara, maka BPK akan menyerahkan hasil tersebut kepada KPK.

1 dari 1 halaman

Perbantuan SDM

Sementara itu, Firli menambahkan, lingkup kerjasama juga termasuk perbantuan SDM dari BPK untuk KPK. KPK dapat meminta BPK untuk menunjuk ahli untuk memaparkan keterangannya terkait hasil pemeriksaan BPK sehingga dapat menjadi penguat hasil tersebut.

"Baik tenaga yang diperbantukan untuk KPK maupun yang melakukan perbantuan untuk menghitung kerugian negara atas perkara yang ditangani," tutur Firli.

Nantinya, permintaan penunjukkan ahli dilakukan secara tertulis. Selanjutnya, BPK memberikan keterangan ahli dalam proses pengadilan.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Buntut Kasus Jiwasraya, BPK Perketat Pengawasan Manajemen Risiko
Permudah Audit Laporan Keuangan, Kementerian Diminta Terbuka ke BPK
BPK akan Rilis Hasil Investigasi Kasus Jiwasraya Pekan Ini
BPK Mulai Laksanakan Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian Hingga 20 Mei
BPK Tegur Pemkab Brebes Soal Pengelolaan Aset Amburadul
Keberhasilan di IMO Momentum Wujudkan RI Jadi Poros Maritim Dunia

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini