BPDPKS Catat Penyaluran Insentif Biodiesel di 2020 Capai Rp28,01 Triliun

Rabu, 10 Februari 2021 14:42 Reporter : Anisyah Al Faqir
BPDPKS Catat Penyaluran Insentif Biodiesel di 2020 Capai Rp28,01 Triliun Biodiesel B-100. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Eddy Abdurachman mengatakan, telah memberikan insentif biodiesel sebesar Rp 28,01 triliun untuk penyaluran 8,42 juta kilo liter biodesel di 2020. Dari realisasi tersebut, total pajak yang dibayarkan sebesar Rp 2,55 triliun.

Dengan demikian, total realisasi insentif yang diberikan sejak 2015 sebesar Rp 57,72 triliun dengan volume 23,8 juta kilo liter. Sedangkan pajak yang dibayarkan sebesar Rp 5,08 triliun. Menurutnya, program biodiesel ini sangat tergantung pada harga CPO dan solar, sebab BPDPKS harus membiayai selisih harga CPO dan solar.

"Ini kan ada berdampak pada kebutuhan dana untuk danai selisih antara biodiesel dan HPI solar," kata Eddy dalam Webinar Nasional Strategi Penguatan Kebijakan Pengelolaan Sawit Secara Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat dalam Rangka Ketahanan Nasional, Jakarta, Rabu (10/2).

Rencana insentif penyaluran biodiesel tahun ini sebesar 9,2 juta kilo liter. Sehingga kebutuhan dana insentif diperkirakan masih tinggi karena harga CPO tinggi sedangkan solar rendah.

Untuk menjaga keberlanjutan energi baru terbarukan (EBT) ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan yaitu pungutan tarif ekspor melalui PMK 191 tahun 2020. Adanya kebijakan tersebut diharapkan bisa menghimpun dana yang lebih besar untuk mendanai program biodiesel dari pungutan ekspor.

"Harapannya, BPDPKS bisa himpun dana lebih besar lagi sehingga bisa mendanai program biodiesel dari dana ekspor tadi," kata dia.

Namun kebutuhan biodiesel ini perlu dibarengi produksi di perkebunan sebagai feedstock bahan baku. Untuk itu, tambah Eddy perlu dilakukan upaya agar produksi naik per hektarnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini