KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

BP Migas tunjuk ENI jual gas Lapangan Jangkrik

Senin, 2 Juli 2012 14:45 Reporter : Saugy Riyandi
Kilang minyak. shutterstock

Merdeka.com - Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) telah menunjuk ENI Indonesia Ltd, sebuah perusahaan minyak dan gas asal Italia, sebagai penjual gas dari lapangan Jangkrik, blok Muara Bakau, Kutai, Kalimantan Timur.

Kepala BP Migas R.Priyono mengatakan, penunjukan ENI sebagai penjual gas sama halnya seperti BP Indonesia, yakni kontraktor gas lapangan yang juga bertindak sebagai penjual gas. ENI merupakan operator proyek gas lapangan Jangkrik. Pemegang hak partisipasi (participating interest) di lapangan Jangkrik adalah ENI sebanyak 55 persen dan GDF Suez sebanyak 45 persen.

"Penjual gasnya sudah kami tunjuk, yaitu ENI. Sekarang lagi proses pemasarannya, mencari siapa yang akan menjadi pembeli gasnya," ujar Priyono di Jakarta Senin (2/7).

Meski pembeli dan persentase alokasi gas belum ditentukan, sudah menjadi kewajiban menyediakan minimal 25 persen untuk konsumen domestik. "Sebenarnya dengan harga di FSRU dalam negeri sekarang sudah di atas USD 11 per mmbtu itu sudah bagus sekali, tidak masalah. Tapi belum ditentukan berapa persen buat penjualan domestik dan ekspornya," katanya.

Seperti diketahui, Lapangan Jangkrik ditargetkan mulai beroperasi pada 2015 sebesar 550 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Cadangan gas di lapangan Jangkrik ini sudah ditemukan sebanyak 3,4 triliun kaki kubik (tcf).

 

  [oer]

Topik berita Terkait:
  1. BP Migas
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.