Bos Pertamina soal perluasan B20: Volume impor untuk solar menurun

Senin, 29 Oktober 2018 10:49 Reporter : Merdeka
Bos Pertamina soal perluasan B20: Volume impor untuk solar menurun Peluncuran perluasan penggunaan Biodiesel. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, dampak penerapan kebijakan perluasan biodesel b20 atau pencampuran bahan bakar minyak (BBM) dengan kelapa sawit 20 persen sangat dirasakan oleh perseroan, dan akan memberi nilai tambah ke Indonesia.

"Awalnya kan B20 ini untuk kurangi impor. Tapi kalau dari Pertamina itu bulan kemarin kita sudah kurangi impor. B20 sudah terasa dampaknya, volume impor untuk solar itu menurun," tuturnya saat ditemui di Bontang, Kalimantan Timur, Minggu Malam (28/10).

Dirut Nicke menjelaskan, kebijakan perluasan b20 membawa penurunan konsumsi impor BBM sebanyak 20 persen. "20 persen turunnya selama 2 bulan ini, kan campuranya 20 persen dikurangi dengan kami kan. Jadi 20 persen dari volume turunya," jelasnya.

Nicke melanjutkan, penerapan b20 bahkan mengkerek harga crude palm oil (minyak sawit mentah) di tingkat global. Ia pun berbangga hati dapat mengoptimalkan sumber daya alam lokal itu secara maksimal melalui kebijakan b20.

"Untuk negara (b20) itu sangat membantu karena selama ini kan ekspor terbesar kedua untuk pendapatan negara datangnya dari CPO. Jadi bukan dolar aja yang naik, harga CPO juga naik. Jadi kalau 20 persen itu bisa kita ganti dengan local resources kan tentu sangat membantu," ujarnya.

Ia pun mengaku senang dengan hasil sementara dari penerapan kebijakan b20 yang tengah berjalan selama dua bulan terakhir. Terutama bagaimana penerapan b20 membawa nilai tambah bagi CPO.

"Jadi ketika kita manfaatkan local resources kita, maka itu sangat baik sehingga industri CPO kemudian bisa nambah lagi added valuenya," pungkas dia.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini