Bos Pertamina soal Harga Avtur Mahal di Indonesia: Kita Ikut Formula Pemerintah

Selasa, 26 November 2019 12:59 Reporter : Merdeka
Bos Pertamina soal Harga Avtur Mahal di Indonesia: Kita Ikut Formula Pemerintah Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. ©Liputan6.com/Bawono Yadika

Merdeka.com - Harga avtur Pertamina kembali disinggung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai biang kerok‎ mahalnya harga tiket pesawat di Indonesia. Menhub Budi pun berencana membuka kesempatan perusahaan lain berjualan avtur untuk menurunkan harga.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menegaskan, harga avtur yang ditetapkan Pertamina sudah sesuai formula yang ditetapkan pemerintah. Sebagai penyalur, Pertamina hanya mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Tiap dua pekan dan ada formulanya. Harga avtur, BBM dan Solar. Itu pakai formula yang ditetapkan pemerintah. Kita ikuti aturan saja," kata Nicke, disela acara Pertamina Energy Forum,‎ di Jakarta, Selasa (26/11).

Menurut Nicke, harga avtur yang dijual Pertamina‎ bersaing dengan perusahaan lain, hal tersebut dibuktikan dengan digunakannya avtur Pertamina oleh maskapai dalam negeri saat di bandara luar negeri.‎

"Untuk harga, kita menyediakan avtur untuk airline kita di luar negeri‎, harga avtur Pertamina cukup kompetitif,‎" tuturnya.

1 dari 1 halaman

Perbedaan Harga di Wilayah Indonesia Timur

Namun dia mengakui, masih ada perbedaan harga di wilayah Indonesia Timur karena tingginya biaya penyaluran akibat akses yang sulit. "Kami sadari di Indonesia Timur cukup sulit loading unloading berkali-kali, avtur dari Cilacap diangkut kapal, dibawa truk ke pelabuhan kecil diangkut lagi, itu tantangan kita negara kepulauan," paparnya.

Untuk saat ini Pertamina sudah tidak lagi mengimpor avtur guna memenuhi kebutuhan transportasi udara di dalam negeri. Bahkan dengan modernisasi kilang Cilacap, avtur Pertamina sudah ekspor.

"Mulai Maret 2019 kami sudah tidak impor solar dan avtur, khusus avtur Juni 2019 kami sudah ekspor, kita sudah mandiri kita tidak impor, kita sudah upgrade kilang Cilacap sehingga menghasilkan lebih banyak," tandasnya.

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Tekan Harga Tiket Pesawat, Menhub Budi Bakal Gelar Rapat Bahas Harga Avtur
Harga Avtur Mahal, Wings Air Tutup 7 Rute Menuju Indonesia Timur
Awal 2020, ITB Akan Uji Coba Komersil Avtur Nabati di Kilang Cilacap
Jawab Keinginan Jokowi, Indonesia Bakal Ekspor Avtur Berasal dari Kelapa Sawit
Jokowi Ingin Indonesia Bisa Produksi Avtur dari Kelapa Sawit
Menko Darmin: Avtur dari CPO Kelapa Sawit Bisa Digunakan di 2021

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini