Bos Pertamina Klaim Sudah Tidak Impor Solar dan Avtur

Selasa, 14 Mei 2019 17:04 Reporter : Merdeka
Bos Pertamina Klaim Sudah Tidak Impor Solar dan Avtur nicke widyawati. ©2018 twitter.com

Merdeka.com - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina sudah sejak April 2019 sudah tidak mengimpor avtur. Menurutnya, kebutuhan avtur dalam negeri sudah dapat dipenuhi kilang Cilacap.

"Mulai April kita sudah nggak lagi impor avtur, selama ini setiap tahun rata-rata antara 8-10 juta impor, dengan kita optimalkan kilang," kata Nicke, saat rapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/5).

Selain avtur, dia juga mengklaim Pertamina sudah tidak mengimpor solar sejak Mei 2019. Hal ini merupakan dampak dari pelaksanaan program campuran 20 persen biodiesel dengan solar (B20) dan mengoptimalkan pengoperasian kilang Plaju.

"Solar mulai Mei kita juga sudah nggak perlu lagi impor, selama ini impor berkisar 12-15 juta barel, nah jadi ini kita per Mei," tuturnya.

Menurut Nicke, secara bertahap Pertamina akan mengurangi impor produk BBMnya, dengan mengoptimalkan masing-masing kilang dalam memproduksi produk BBM. Saat ini Pertamina sedang melaksanakan program peremajaan kilang dan pembangunan kilang baru.

"Bertahap nanti kita coba optimalkan volume maupun jenis produk untuk masing-masing kilang mana yang kemudian kita bisa mandiri sehingga nanti nggak perlu impor. kita coba amankan yang demandnya cukup tinggi," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini