Bos Pertamina: Harga Solar tak naik hingga September mendatang

Kamis, 16 Juni 2016 11:38 Reporter : Pramirvan Datu Aprillatu
Bos Pertamina: Harga Solar tak naik hingga September mendatang Dirut Pertamina Dwi Soetjipto. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto memastikan tak ada kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar hingga September tahun ini. Meski subsidi Solar dikurangi dari Rp 1.000 menjadi Rp 5.00 per liter, kenaikan harga masih bisa ditalangi dengan sistem subsidi silang.

"Jadi kalau kita lihat dengan subsidi Rp 500 itu paling tidak sampai September. Kan keuntungan lalu itu selalu cross subsidi situasi sesudahnya. Kita sudah komitmen sampai September tidak ada kenaikan harga," kata dia di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis(16/5).

Dwi juga masih melihat pergerakan harga BBM melalui Mean of Platts Singapore (MOPS). Menurutnya, keputusannya akan diambil setelah memutuskan harga Solar setelah bulan September.

"‎Jadi nanti kita lihat kondisi September ke Desember tergantung bagaimana pergerakan MOPS, sampai dengan september ada minus tapi maish bisa di cover," kata Dwi.

Dwi mengaku tak masalah dengan keputusan pemangkasan subsidi Solar. Menurutnya, kebijakan itu bakal meningkatkan efisiensi serta pengelolaan BBM dengan baik.

"Saya kira pemerintah akan memperhatikan berbagai situasi ya. Bagaimana kebutuhan pembiayaan di pemerintah. Bagaimana subsidi itu diperuntukkan yang lebih berhak. Tentu saja Pertamina akan support kebijakan pemerintah. Dan bagi Pertamina bagaimana menyupport itu adalah bagaimana kita meningkatkan efisiensi dan tentu saja mengenai harga jual," tutup Dwi. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Pertamina
  2. Harga BBM Turun
  3. BUMN
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini