Bos Pertamina: Banyak Perusahaan Minat Jadi Calon Mitra Blok Mahakam

Selasa, 26 November 2019 17:13 Reporter : Merdeka
Bos Pertamina: Banyak Perusahaan Minat Jadi Calon Mitra Blok Mahakam nicke widyawati. ©2018 twitter.com

Merdeka.com - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, beberapa perusahaan telah menyampaikan minat untuk ikut bergabung mengelola Blok Mahakam. Namun saat ini perusahaan tersebut belum mengambil keputusan penunjukan.

"Ada beberapa perusahaan yang sudah menyampaikan keinginannya itu kita sudah lakukan internal ya," kata Nicke, disela Pertamina Energy Forum, di Jakarta, Selasa (26/11).

Menurutnya, Pertamina memang memiliki rencana untuk mencari mitra mengelola blok migas yang menjadi salah satu tulang punggung penghasil gas nasional tersebut, namun prosesnya belum dimulai sebab masih menyelesaikan beberapa pertimbangan.

"Mahakam salah satu yang kita rencanakan juga untuk kita mencari partner tapi prosesnya belum mulai," tuturnya.

Nicke menyatakan, Pertamina telah menetapkan rencana pengembangan Blok Mahakam yang akan dilakukan pada 2020. "Jadi kita sudah tetapkan tahapan-tahapan, mana yang prioritas, 1,2,3,4, kita bagi jadi 4 prioritas yang kita mulai awal tahun depan," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Tingkatkan Produksi Migas

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif meninjau North Processing Unit (NPU) Pertamina Hulu Mahakam (PHM) fasilitas produksi di wilayah paling utara dari Blok Mahakam. Kedatangannya kali ini sekaligus menemui seluruh karyawan yang bekerja di Pertamina Hulu Mahakam.

"Hari ini saya mengunjungi North Processing Unit Pertamina Hulu Mahakam. Fasilitasi produksi yang dibangun sejak tahun 1998 ini terawat dengan baik dan saat ini seluruh karyawan yang bekerja adalah warga negara Indonesia," ujar Arifin dikutip dari keterangannya, Sabtu (9/11).

Kepada seluruh karyawan yang bekerja di Pertamina Hulu Mahakam, Menteri Arifin meminta agar bisa meningkatkan produksi migas yang ada di lapangan untuk memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya untuk negara.

"Mereka semuanya mempunyai semangat yang tinggi untuk meningkatkan produksi minyak dan gas Blok Mahakam, dan kita berharap bahwa di tangan mereka-mereka inilah kejayaan produksi migas nasional kita dapat kembali," lanjut Arifin.

General Manager PHM, Jon Anis menyampaikan bahwa fasilitas NPU saat ini dioperasikan oleh sekitar 900 anak bangsa, mereka bekerja menangani produksi dari sekitar 400 sumur, dengan mengedepankan pengelolaan tekanan sumur, untuk menjaga produksi tetap optimal.

Direktur Hulu Pertamina Darmawan Samsu juga menambahkan, bahwa efisiensi dan biaya dan attention on detail menjadi fokus bagi semua pekerja di lapangan Blok Mahakam, sehingga kegiatan operasi terus efektif.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Pertamina Bisa Pilih Blok Migas dari Hasil Survei Seismik
Menteri ESDM Minta Pertamina Tingkatkan Produksi Migas Blok Mahakam
Tekan Penurunan Produksi Blok Mahakam, Anak Usaha Pertamina Garap Lapangan Peciko
Menteri Arifin Instruksikan Pertamina Jaga Produksi Blok Mahakam
Upaya Pertamina Pertahankan Produksi Migas di Blok Mahakam
Menengok Kembali Kesuksesan Indonesia Rebut Kekayaan Negeri

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini