Bos Pelindo klaim bongkar muat di pelabuhan sudah di bawah tiga hari

Rabu, 11 Oktober 2017 17:01 Reporter : Saugy Riyandi
Bos Pelindo klaim bongkar muat di pelabuhan sudah di bawah tiga hari

Merdeka.com - Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Elvyn G. Masassya mengatakan waktu tunggu petikemas di pelabuhan atau dwelling time saat ini sudah di bawah tiga hari. Alasannya, kapal-kapal yang tiba di pelabuhan tak lagi menggunakan dokumen fisik dalam proses pengeluaran barang.

"Pelabuhan Tanjung Priok sudah beroperasi inaportnet sejak akhir tahun lalu sehingga pengurusan barang semuanya online. Kita jadi bisa memangkas dwelling time," ujar Elvyn dalam acara 'Power Talk: Indonesia as the World's Maritime Axis' di Kampus IPMI yang dikutip merdeka.com, Rabu, (11/10).

Selain itu, sistem pembayaran juga tidak menggunakan uang tunai. Para pengguna jasa pelabuhan bisa memanfaatkan layanan e-billing yang dapat dicetak di kantor masing-masing.

"Sudah ada sistem pembayaran yang terintegrasi dengan 18 kementerian dan lembaga serta Indonesia Nasional Single Window (INSW)," jelasnya.

Lebih lanjut, Elvyn menambahkan perseroan membutuhkan lebih banyak sumber daya manusia yang profesional dalam mengelola pelabuhan sehingga dwelling time dapat dipangkas lebih signifikan. Apalagi, pemerintah menargetkan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menjadi pelabuhan transhipment terbesar di kawasan Asia. [sau]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini