Bos Pajak sebut tebusan Rp 165 T bukan jadi fokus Tax Amnesty

Selasa, 6 September 2016 19:06 Reporter : Aisyah
Bos Pajak sebut tebusan Rp 165 T bukan jadi fokus Tax Amnesty Plt Dirjen Pajak Kemenkeu Ken Dwijugiasteadi. ©2015 merdeka.com/novita

Merdeka.com - Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi mengaku saat ini pihaknya tak terlalu fokus pada penerimaan pengampunan pajak atau Tax Amnesty sebesar Rp 165 triliun. Menurutnya, target penambahan Wajib Pajak (WP) baru sebanyak 1.929 jauh lebih penting dari Tax Amnesty.

"Saya tidak fokus kepada target Rp 165 triliun itu. Saya fokus kepada WP baru 1.929 itu," ujar Ken di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (6/9).

Menurut Ken, keberhasilan tax amnesty bukan dilihat hanya dari angka Rp 165 triliun. Tetapi, lanjutnya, efek berkelanjutan dari program pengampunan pajak ini seperti orang kaya menjadi transparan, munculnya bisnis baru dan penyerapan tenaga kerja.

"Tax amnesty ini targetnya akan maksimal, karena Tax Amnesty bukan hanya dari tebusan," tegasnya.

Terkait transparansi perbankan, Ken mengaku setuju. Sebab, basis pajak tidak bisa berkutik tanpa adanya data perbankan.

"Transparansi itu bukan berarti data WP dibuka, transparansi itu terhadap undang-undang perbankan. Pajak itu enggak bisa apa-apa kalau data perbankan itu enggak terbuka," pungkasnya. [sau]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini