Bos OJK Beberkan Sektor Usaha yang Sulit Kembali Normal di Tengah Pandemi

Selasa, 15 Juni 2021 15:45 Reporter : Dwi Aditya Putra
Bos OJK Beberkan Sektor Usaha yang Sulit Kembali Normal di Tengah Pandemi Ketua OJK Wimboh Santoso. ©2017 merdeka.com/idris

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut hingga hari ini masih ada beberapa sektor-sektor yang masih terdampak pandemi Covid-19. Di mana, semua sektor ini mengandalkan aktivitas atau pergerakan dari masyarakat.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso menyampaikan, beberapa sektor yang masih terdampak tersebut di antaranya adalah wisata, penerbangan, restoran, dan hotel. Menurutnya, sektor-sektor ini sangat bergantung terhadap mobilitas manusia.

"Selama orang belum berani melakukan mobility seperti semula sulit rasanya untuk mengatakan bahwa mereka betul-betul bisa bangkit," kata Wimboh dalam Webinar Seri II: Kebijakan Pemerintah, Peluang, Tantangan, dan Kepemimpinan di Masa dan Pasca Pandemi Covid-19, Selasa (15/6).

Dia mencontohkan, transportasi penerbangan Indonesia saat ini cukup berat karena wisatawan-wisatawan asing masih belum bisa diizinkan masuk ke Tanah Air. Ini terjadi akibat masih adanya pembatasan atau kebijakan yang diambil oleh pemerintah.

"Dan itu mempunyai dampak rembetan kepada hotel penyewaan mobil di tempat-tempat turis dan juga restoran-restoran," jelasnya.

Wimboh melanjutkan, saat ini memang sudah banyak masyarakat yang melakukan pergerakan. Hanya saja masih lebih banyak kepada aktivitas yang bersifat turis domestik.

"Sehingga belum bisa memberikan dampak yang luar biasa kepada demand yang berkaitan dengan sektor turis tadi," ujarnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini