Bos Kadin: Trade Expo Virtual di 2020 Bakal Akselerasi Digitalisasi Dunia Usaha

Senin, 21 September 2020 17:05 Reporter : Merdeka
Bos Kadin: Trade Expo Virtual di 2020 Bakal Akselerasi Digitalisasi Dunia Usaha Rosan P Roeslani. Hana Adi Perdana©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani menyambut baik penyelenggaraan Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition (TEI-VE) yang akan dilaksanakan pada 10-16 November 2020.

"Kita mendorong acara yang selalu ditunggu-tunggu oleh banyak pihak. Acara ini sudah menjadi suatu acara yang sangat menarik dan juga mendorong mereka untuk meningkatkan kerjasama di bidang perdagangan," kata Rosan dalam Peluncuran Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition 2020, Senin (21/9).

Menurut Rosan, pelaksanaan TEI-VE 2020 secara virtual ini mendorong para pelaku usaha ekspor Indonesia untuk beradaptasi dengan situasi pandemi covid-19. Momen ini dinilai bisa dimanfaatkan untuk mengakselerasi digitalisasi pada dunia usaha.

"Memang kita harus beradaptasi dengan keadaan, kami sudah bicara mensosialisasikan ini kepada asosiasi Kadin, ada asosiasi industri dan dunia usaha kecil menengah untuk mereka berpartisipasi. Karena dengan keadaan pandemi ini akan mengakselerasikan adaptasi digitalisasi pada dunia usaha sehingga sangat membantu mereka untuk menerobos pasar-pasar di luar negeri," jelasnya.

Rosan menilai, pelaksanaan TEI secara virtual ini lebih efektif. Di mana para pengunjung atau buyer potensial bisa komprehensif mengakses dan melihat produk dengan detail. Rosan berharap, acara ini bisa meningkatkan perdagangan ekspor Indonesia ke depannya. Walaupun menurut World Bank perdagangan secara global tahun 2020 diprediksikan terkontraksi -13 hingga -30 persen.

"Mungkin angkanya kurang lebih -13 sampai -15 persen secara dunia kalau kita lihat juga perdagangan kita berkontraksi dengan semua negara, kalau kita lihat lebih dalam lagi dari 10 negara partner buyer terbesar kita hanya 4 yang tidak mengalami resesi yakni Cina, India, Vietnam, dan Filipina," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Perluas Pasar Ekspor...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini