Bos Kadin: Perekonomian Indonesia Masih Lebih Baik Dibanding Negara Lain

Minggu, 11 Juli 2021 11:30 Reporter : Merdeka
Bos Kadin: Perekonomian Indonesia Masih Lebih Baik Dibanding Negara Lain pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid optimistis ekonomi Indonesia akan kembali bangkit dari pandemi Covid-19. Arsjad pun menilai wajar posisi Indonesia turun kelas menjadi negara menengah bawah di Juli 2021 ini akibat penyebaran virus dari Wuhan tersebut.

"Harus diingat, pandemi ini cakupannya global. Bukan hanya Indonesia, jadi yang terdampak ya semua negara, tidak ada pengecualian. Artinya kontraksi ekonomi juga terjadi di semua negara. Jadi kita bisa mengerti jika pendapatan per kapita Indonesia juga mengalami penurunan," kata Arsjad kepada Liputan6.com, Minggu (11/7).

Menurutnya, jika dilihat tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia memang mengalami kontraksi sebesar -2,1 persen. Namun, kata dia hal itu ditopang oleh kebijakan fiskal yang akomodatif, juga APBN yang responsif terhadap dinamika yang terjadi.

"Boleh dibilang, perekonomian kita tercatat masih lebih baik dibanding dengan negara lain," imbuhnya.

Dia mencontohkan beberapa negara yang kontraksi perekonomiannya melebihi Indonesia, yakni Thailand pada 2020 terkontraksi -6,1 persen, Filipina -9,5 persen, dan Malaysia -5,6 persen. Sementara India pada 2020 terkontraksi -8,0 persen, Afrika Selatan -7,0 persen, dan Brasil -4,1 persen.

"Yang jelas Kadin Indonesia dan teman-teman dunia usaha optimistis perekonomian Indonesia mampu bangkit dari dampak pandemi. Yang terpenting sekarang ini adalah bergotong royong semua, memperkuat kolaborasi untuk bersama-sama memenangkan perang melawan pandemi,” ujarnya.

Baca Selanjutnya: Bantu Pemerintah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini