Bos Bukalapak Bertekad Tangkal Rakyat Terjebak dalam Middle Income Trap

Kamis, 27 Juni 2019 15:29 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Bos Bukalapak Bertekad Tangkal Rakyat Terjebak dalam Middle Income Trap Achmad Zaky Bukalapak. Bimo ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Bukalapak bertekad membantu masyarakat terhindar dari middle income trap atau jebakan kelas menengah. Strateginya ialah dengan pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM).

Pendiri sekaligus CEO Bukalapak Achmad Zaky mengatakan, pemberdayaan usaha kecil agar para pengusaha UKM bisa naik kelas, menjadi fokus program Bukalapak.

"Usaha kecil, besar sekali di Indonesia dan kita perlu membawa mereka ke next level (naik kelas)," ujarnya saat acara halalbihalal bersama media di Jakarta, Kamis (27/6).

Zaky menjelaskan, besarnya jumlah kepemilikan UKM di Indonesia, menjadi media pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan. Sebab, semakin besarnya UKM, membuat kemampuan penyerapan tenaga kerja juga meningkat.

Selain itu, semakin besarnya UKM, turut mengerek kualitas sumber daya manusia (SDM) atau pekerja di dalamnya. "Pengusaha UKM yang naik kelas lebih menyerap tenaga kerja dan pekerjanya bisa turut naik kelas dan keluar dari middle income trap," tuturnya.

Program Bukalapak bernama BukaGlobal, lanjutnya, menjadi salah satu strategi peningkatan kelas UKM Tanah Air. Saat ini, program BukaGlobal telah menjangkau Malaysia dan Singapura. Dalam waktu dekat, kata Zaky, jangkauan akan semakin diperluas ke negara lain. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini