Bos BSI Minta Penawaran KPR ke Milenial Bisa Lebih Mudah, Cepat dan Bersaing

Jumat, 7 Mei 2021 14:30 Reporter : Anisyah Al Faqir
Bos BSI Minta Penawaran KPR ke Milenial Bisa Lebih Mudah, Cepat dan Bersaing Perumahan. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Bank Syariah Indonesia (BSI) kembali melebarkan sayap bisnis pembiayaan ke sektor properti. Lewat produk Griya Simuda, BSI menawarkan pembiayaan KPR atau KPA yang menyasar kalangan milenial sebagai target utama.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi ingin penawaran produk KPR ini tidak berbelit-belit, proses cepat dan harga bersaing. Sebab, target pasar memiliki sifat yang ingin serba cepat, berbasis teknologi dan cepat bosan.

"Syaratnya jangan berbelit, prosensya mesti cepat dan harganya masih bersaing, mungkin tidak paling bagus tapi tidak paling jelek, itu yang harus dilakukan," kata Hery dalam Launching Produk BSI Griya Simuda, Jakarta, Jumat (7/5).

Hery menjelaskan, karakteristik milenial secara umum tidak begitu mementingkan skema syariah atau konvensional. Mereka melihat dari kemudahan persyaratan pengajuan pembiayaan yang mudah. Untuk itu dia meminta agar persyaratan pengajuan pembiayan hanya yang pokoknya saja.

"Isi form kalau panjang dan ruwet orang malas. Persyaratan kita ini mandatory aja. Apalagi calon nasabah ini sudah payroll di kita," kata dia.

Dari sisi proses, Hery mengatakan kalangan milenial dan anak muda tidak suka yang berbelit. Hery menceritakan sejak tahun 2005, Thailand telah menerapkan pola loan factory. Proses input data calon nasabah dilakukan menggunakan mesin dengan penilaian berbasis skor.

"Semua keputusan ini scoring, human touch ini sedikit. Ini modelya aplikasi, jadi yang masuk enggak ada yang ditolak. Kalau kemampuan mencicilnya kurang, tenornya diperpanjang, begitu juga sebaliknya," kata dia.

Baca Selanjutnya: Indonesia Belum Terapkan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini