Bos BKPM Sebut Virus Corona Bisa Ganggu Investasi RI

Senin, 3 Februari 2020 14:59 Reporter : Anisyah Al Faqir
Bos BKPM Sebut Virus Corona Bisa Ganggu Investasi RI investasi. shutterstock

Merdeka.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, virus corona dapat menghambat realisasi investasi dari China jika tak tertangani. Mengingat, kasus ini sudah mempengaruhi sektor pariwisata dan penerbangan di Indonesia.

"Kalau ini bertahan terus sampai 2 bulan, 3 bulan otomatis ada dampaknya," kata Bahlil di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Senin (3/2).

Dia menjelaskan, diperlukan kajian lebih dalam untuk mengetahui dampak dari virus corona terhadap investasi. Saat ini, pihaknya pun sedang melakukan perhitungan.

Meski demikian, sejauh ini memang belum ada dampak virus corona secara langsung. "Sampai sekarang belum ada," imbuhnya.

Dia menambahkan, bukan hanya Indonesia yang terdampak akibat virus corona, beberapa negara pun ikut terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung.

1 dari 1 halaman

Waspada Dampak Virus Corona

virus corona

Virus Corona membuat dunia internasional melakukan langkah-langkah antisipasi agar negaranya tak terjangkit virus yang berasal dari Wuhan, China. Hal tersebut juga berlaku bagi Indonesia yang secara resmi melarang warga negara China masuk ke Indonesia.

Menanggapi pelarangan tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah saat ini memprioritaskan kesehatan seluruh warga negara Indonesia. Meski demikian, pelarangan tersebut akan berdampak pada jumlah kunjungan wisata dan ekspor impor Indonesia.

"Dalam situasi ini kita utamakan prioritas dulu. Pasti ada pengaruh yang akan kita lihat ke seluruh dunia terhadap kinerja perekonomian China karena mereka terkena juga dari sisi ekspor dan impornya juga dari sisi domestik konsumsi mereka dan akan turun cukup panjang," ujarnya di Salemba, Jakarta, Senin (3/2).

Menurutnya, pelemahan ekonomi China akan berdampak bagi seluruh dunia termasuk Indonesia. Hal tersebut pasti akan langsung tergambar dalam kondisi ekonomi kuartal-I 2020. "Tapi kuartal I rasanya akan sangat sulit dan itu pengaruhnya ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia baik jalur tourism, harga komoditas dan ekspor kita secara umum," jelasnya. [azz]

Baca juga:
Virus Corona Makin Mewabah, Apple Tutup Sementara Kantor dan Toko Resmi di Tiongkok
Bahas Virus Corona, Menteri Terawan Raker dengan Komisi IX DPR
Sri Mulyani Waspadai Dampak Pelarangan Turis China Masuk Indonesia
Aktivitas WNI di Karantina Natuna, Senam Hingga Makan Bareng TNI
Dokter Ini Klaim Temukan Pengobatan untuk Virus Corona, Pasien Pulih dalam 48 Jam
Siap Dibuka, Begini Penampakan Rumah Sakit Virus Corona di Wuhan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini