KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Bos BKPM sebut sektor jasa bakal dorong ekonomi Indonesia

Kamis, 6 Oktober 2016 12:26 Reporter : Syifa Hanifah
pertumbuhan ekonomi. shutterstock

Merdeka.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong meyakini sektor jasa akan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dilihat dari banyaknya tenaga kerja yang mampu diserap di sektor ini.

Dia mencatat, 8,5 persen hingga 9,5 persen industri di Indonesia didominasi sektor jasa. Seperti jasa konstruksi, jasa keuangan, jasa akuntansi, dan jasa administarsi

"Saya lihat statistik BPS pertumbuhan ekonomi tumbuh 5 persen per tahun. Sektor cepat adalah sektor jasa. 8,5 sampai 9,5 persen hampir semuanya jasa. Semua tumbuh tinggi dan juga kelihatannya menciptakan jobs lapangan kerja yang upahnya paling tinggi," ujarnya di Jakarta, Kamis (5/10).

Dengan banyaknya sektor jasa yang menyebar di Indonesia, dia meyakini hal ini mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Air.

Dengan begitu, Thomas berharap akan semakin banyak negara yang tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesia, sehingga ekonomi nasional bisa meningkat.

"Kita banyak kalah di etos kerja, masyarakat lain lebih intens, mungkin iklim kita terlalu panas dan lembap. Tapi kita punya budaya sangat menyenangkan, baik, rendah hati dan itu saya prediksi akan merebut hati merebut persahabatan banyak negara," jelasnya.

Meski begitu, pemerintah dan berbagai lembaga terkait harus menyusun strategi dan berani mengambil resiko, agar ekonomi Indonesia bisa tumbuh positif.

"Karena itu, jasa yang menjadi motor kreativitas, pengetahuan dan mental yang dapat menciptakan lapangan kerja," pungkasnya.

[sau]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.