Bos BI prediksi ekspor dan investasi terus membaik di 2018

Jumat, 15 Desember 2017 16:33 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Bos BI prediksi ekspor dan investasi terus membaik di 2018

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo mengatakan perekonomian Indonesia di tahun 2018 akan terus membaik. Terutama, impor dan investasi yang akan menunjukkan perbaikan secara signifikan.

"Jadi kita melihat ekspor dan investasi akan terus memberikan peran yang baik bagi pertumbuhan ekonomi ditahun 2018," kata Agus, di Kompleks BI, Jakarta, Jumat (15/12).

Menurutnya, sudah beberapa bulan ini terlihat bahwa ekspor terus meningkat cukup tinggi dan kontribusi barang modal besar maupun barang antara menunjukkan adanya tanda-tanda atau persiapan untuk ekspansi usaha di tahun 2018.

"Kita sambut baik itu. Walaupun kita harus katakan pemulihan ekonomi Indonesia sejak tahun 2015, 2016, 2017 terus berjalan tetapi tidak seperti yang kita inginkan cepat. Jadi, perlu ada upaya percepatan lagi, kita harapkan di tahun 2018 akan lebih baik lagi," imbuhnya.

Agus menambahkan, kondisi politik di Indonesia di tahun 2018 tidak akan berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, dia optimis perekonomian di tahun depan akan semakin membaik meski dipengaruhi geopolitik dan sentimen global terhadap Amerika.

"Secara umum kita masih mengharapkan bahwa kondisi harga-harga komoditi yang membaik di tahun 2017 kita juga melihat pertumbuhan volume perdagangan yang lebih baik di 2017 itu di tahun 2018 akan bertahan." [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini