Bos BI Nilai Merger 3 Bank BUMN Syariah Bakal Tingkatkan Ekonomi Syariah

Kamis, 17 Desember 2020 16:23 Reporter : Anisyah Al Faqir
Bos BI Nilai Merger 3 Bank BUMN Syariah Bakal Tingkatkan Ekonomi Syariah Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. ©2019 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyambut baik merger 3 bank BUMN syariah, yakni PT Bank BRIsyariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah. Hal ini dinilai akan mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air.

"Tentu Bank Indonesia menyambut gembira merger bank syariah karena sebagaimana diketahui BI Sangat mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah," kata Perry di Jakarta, Kamis (17/12).

Perry menuturkan, pilar pengembangan keuangan syariah ini akan memperbesar kapasitas kemampuan dari bank bank syariah di Indonesia. Penggabungan bank ini sebagai komitmen pemerintah untuk perkuat bank-bank syariah. Sehingga mempunyai daya saing dan kemampuan pengembangan keuangan syariah.

"Kami menyambut baik inisiatif yang sangat positif dan sejalan dengan master plan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang telah digariskan dalam KNKES," kata dia.

Selain itu, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam konteks pengembangan ekonomi syariah. Pembentukan halal value chain kata Perry, menjadi sangat penting agar permintaan keuangan syariah termasuk perbankan syariah semakin besar.

Dalam konteks ini bank sentral akan mendukung dan melakukan langkah penting untuk memperluas dan mengembangkan halal value chain di Indonesia. Berdasarkan penerbitan global indeks terakhir Indonesia masuk dalam 10 besar terbaik ekonomi dan keuangan syariah, makanan, fashion dan lainnya.

"Dan ini upaya bersama dari KNEKS suplai pembiayaan syariah dan termasuk merger dari bank syariah dan kedua dari halal value chain," kata dia.

Baca Selanjutnya: Bank Indonesia telah lakukan berbagai...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini