Bos BI: Bank Dunia dkk Sepakat Naikkan Pendanaan ke Negara Terdampak Corona

Selasa, 24 Maret 2020 16:44 Reporter : Anisyah Al Faqir
Bos BI: Bank Dunia dkk Sepakat Naikkan Pendanaan ke Negara Terdampak Corona Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengungkapkan lembaga keuangan internasional seperti Bank Dunia akan meningkatkan pendanaannya ke negara berkembang yang terdampak virus corona atau Covid-19. Pendanaan ini untuk mengatasi berbagai masalah baik kesehatan, UMKM maupun masyarakat luas.

Selain itu, lembaga keuangan internasional sepakat melakukan pengetatan likuiditas dolar secara global. IMF merencanakan akan meningkatkan alokasi SDR (Special Drawing Right). "IMF juga akan memberikan swab line kepada seluruh negara tanpa persyaratan apapun," ujarnya di Komplek Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (24/3).

Perry menambahkan negara yang tergabung dalam G20 juga sepakat untuk meningkatkan upaya pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 baik dari aspek kesehatan maupun aspek kemanusiaan. "Bagaimana pandemik global ini kemudian diatasi dengan join action agar aspek-aspek kemanusiaan khususnya kesehatan diatasi dengan baik," kata Perry.

Berbagai negara di dunia sepakat untuk saling bertukar informasi terkait langkah protokol untuk pencegahan perluasan wabah. Termasuk saling mengisi kebutuhan obat-obatan dan berbagai hal yang dirasa diperlukan.

Negara peserta G20, lanjut Perry, juga sepakat melakukan langkah-langkah kebijakan fiskal dan moneter untuk dilakukan secara global dengan kewenangan masing-masing negara. Semua negara juga menyediakan stimulus fiskal yang besar dalam mengatasi dampak covid-19 terhadap aspek ekonomi. Khususnya kepada masyarakat, UMKM maupun dunia usaha.

"Kemudian, bagaimana beban masyarakat dan UMKM bisa diatasi. Termasuk juga dengan perusahaan dengan stimulus fiskal sesuai dengan ketentuan masing-masing negara."

Baca Selanjutnya: Bank Sentral Dunia Bekerja Sama...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini