Bos BEI Pastikan Peristiwa Bom Bunuh Diri di Medan Tak Pengaruhi Pasar Modal

Kamis, 14 November 2019 11:15 Reporter : Dwi Aditya Putra
Bos BEI Pastikan Peristiwa Bom Bunuh Diri di Medan Tak Pengaruhi Pasar Modal Inarno djajadi. ©2018 Istimewa

Merdeka.com - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi memastikan bahwa peristiwa bom bunuh diri terjadi di Medan tidak akan berdampak pada sentimen market. Sejauh ini, market tercatat di BEI juga masih dalam kondisi yang cukup baik.

"Insiden di Medan rasanya tidak terlalu berpengaruh mengganggu market," kata Inarno di BEI, Jakarta, Kamis (14/11).

Meski tidak berdampak besar, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memang sempat terkoreksi sedikit pada hari ini. Hanya saja, itu bukan dari imbas kejadian bom bunuh diri di Medan.

"Hari ini juga kan koreksi memang ada koreksi tetapi koreksinya tidak sampai 1 persen," kata dia.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak dua arah pada perdagangan Kamis pekan ini. Dari 10 sektor pembentuk IHSG, tujuh sektor berada di zona merah.

Pada prapembukaan, IHSG melemah tipis 4,96 poin atau 0,08 persen ke level 6.137,53. Sedangkan pada pembukaan pukul 09.00 waktu JATS, IHSG menguat tipis dengan naik 1,47 poin atau 0,02 persen ke 6.143,97.

1 dari 2 halaman

Tak Pengaruhi Investasi

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan juga tidak terlalu khawatir pada peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Medan bisa menghambat investasi di Indonesia. Menurutnya, hambatan-hambatan terhadap investasi tidak hanya dialami Indonesia saja.

"Investasi kan di mana-mana juga sering kejadian itu. Kan tidak ada negara yang imun," ujar Luhut usai memberi paparan di Rakornas 2019 di Sentul, Rabu (13/11).

Ketika ditanya soal investor, Luhut menegaskan bahwa investor tidak perlu merasa takut. "Enggak perlu (merasa takut)," tegas Luhut.

Dalam paparannya di Rakornas, Luhut juga yakin Indonesia akan semakin potensial sebagai sasaran investasi. Dia menyebut Indonesia sebagai negara besar ogah menerima investasi asing yang kecil-kecilan.

2 dari 2 halaman

Kronologi Kejadian

Kronologi kejadian bom bunuh diri terjadi pada hari Rabu, sekitar pukul 08.20 WIB pelaku masuk dari pintu depan penjagaan berjalan kaki dan ditanya oleh petugas jaga yang bernama Bripda Kristian Simanjuntak.

Selanjutnya Bripda Kristian pelaku disuru membuka jaket bertulisan gojek dan pelaku mengaku akan membuat SKCK dan selanjutnya pelaku berjalan menuju ke dalam halaman.

"Pelaku berjalan menuju kearah depan kantor Bag Ops sampai di depan mobil dinas Kabag Ops pelaku langsung meledakkan dirinya," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen M Iqbal kepada wartawan. [azz]

Baca juga:
Warga Urus SKCK di Polrestabes Medan Membeludak, Polisi Perketat Pengamanan
Bomber Polrestabes Medan Terpapar Radikal dari Istrinya
Polisi Amankan Mertua dan Istri Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan
Bos BEI Pastikan Peristiwa Bom Bunuh Diri di Medan Tak Pengaruhi Pasar Modal
Kemendikbud Pastikan Tidak Ada Nama Mahasiswa Atas Nama Pelaku Bom Medan
Mantan Kepala BNPT Nilai Aksi Teroris di Medan Gagal

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini